Suasana tahlilan di rumah Olga Syahputra (Liputan6.com)
Seorang remaja pingsan usai mengikuti tahlilan di rumah duka Olga Syahputra. Insiden itu sempat membuat warga dan jamaah pengajian geger. Apalagi, setelah siuman, remaja tersebut berteriak-teriak dengan suara serak.

Tubuhnya mengencang dan meronta-ronta. Saat sejumlah warga berusaha menenangkannya, remaja berusia 13 tahun itu seperti memiliki kekuatan besar sehingga dibutuhkan enam orang dewasa untuk menahannya.

Remaja yang diketahui bernama Anggi itu baru sadar dan lepas dari kesurupan beberapa puluh menit kemudian. Anggi diduga melamun pada saat mengikuti tahlilan tersebut.

Dalam Islam, jin diketahui bisa mengganggu dan merasuki manusia ketika orang tersebut kosong pikirannya atau jiwanya labil dan tidak kuat karena kosong dari dzikir kepada Allah. Saat jin menguasai tubuh manusia dan menggunakannya untuk bicara atau melakukan perbuatan di luar kehendaknya diistilahkan di Indonesia sebagai kesurupan atau kerasukan.

Untuk menghindarkan diri dari gangguan jin, termasuk kesurupan, seorang muslim dituntun untuk beriman kepada Allah dan hanya bergantung kepadaNya, memulai sesuatu dengan basmalah, memohon perlindungan kepada Allah dengan ta’waudz dan doa-doa, serta banyak berdzikir. Secara khusus, ada surat dan ayat-ayat tertentu di dalam Al Qur’an yang dianjurkan dibaca untuk perlindungan dari gangguan jin dan sihir. Misalnya surat Al Falaq dan An Nas, surat Al Baqarah ayat 1-4, surat Al Baqarah ayat 255 yang lebih dikenal sebagai ayat kursi, surat Al Baqarah ayat 285-286, surat Jin, dan lain-lain. [Ibnu K/Tarbiyah]





Share To:
Magpress

Tarbiyah.net

Tarbiyah.net adalah media Islam yang menyajikan berita nusantara, mancanegara dan dunia Islam serta artikel islami. Memihak kebenaran, memperjuangkan keadilan dan menyebarkan fikrah Islam.

komentar