Sejumlah foto aksi menegangkan Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah bocor ke media. Dalam rangka mengantisipasi banjir, Mahyeldi turun langsung dalam kegiatan pembersihan hulu sungai Batang Kuranji.

Sebenarnya aksi ini sudah cukup lama, tepatnya pada Februari lalu. Namun foto-foto eksklusifnya baru dimuat media lokal Serambiminang.com hari ini.




Untuk sampai ke lokasi, Mahyeldi harus melalui medan yang berat. Perjalanan dimulai pada Jum’at (27/2/2015) pukul 14.30 wib dengan melintasi jalan setapak yang mendaki. Selain itu, Mahyeldi beserta rombongan juga harus melewati sungai deras dan berbatu.

Saat adzan Maghrib berkumandang, Mahyeldi yang ditemani Kabag Humas Mursalim, beberapa kepala SKPD, staf dan seorang warga selaku pemandu jalan baru tiba di tenda posko. Di posko itulah rombongan menunaikan shalat Maghrib berjamaah, langsung diimami oleh Mahyeldi. Rencananya mereka bermalam di posko tersebut.

Beberapa waktu kemudian, suasana di posko diwarnai ketegangan. Pasalnya, Camat Pauh Wardas Tanjung dan dua orang lainnya dikabarkan tersesat saat berusaha menyusul walikota. Dan ternyata benar, mereka baru ditemukan di tengah malam setelah empat jam tersesat.


Paginya, Mahyeldi dan rombongan tiba di lokasi utama. Selain meninjau, mereka juga membantu langsung mengatasi penyumbatan di hulu sungai. Tampak dalam foto Mahyeldi membantu menggergaji kayu besar yang mengganggu hulu sungai.

Mahyeldi mengatakan, pembersihan di bagian hulu ini dilakukan guna mengantisipasi terjadinya banjir bandang seperti yang terjadi pada 2012 lalu. Puluhan rumah dan bangunan serta fasilitas umum di kawasan Limau Manih, Lambung Bukik dan sekitarnya rusak akibat banjir bandang itu. Banjir juga melanda area pertanian.

”Ini diakibatkan penyumbatan di bagian hulu oleh material lumpur, batu dan kayu sehingga terbentuk ‘waduk’ yang sewaktu-waktu rentan ambrol. Terlebih dengan meningkatnya volume air karena intensitas hujan yang tinggi. Inilah yang menyebabkan terjadinya banjir bandang,” kata Mahyeldi sekembali dari peninjauan, seperti dikutip Serambiminang. [Ibnu K/Tarbiyah]



Share To:
Magpress

Tarbiyah.net

Tarbiyah.net adalah media Islam yang menyajikan berita nusantara, mancanegara dan dunia Islam serta artikel islami. Memihak kebenaran, memperjuangkan keadilan dan menyebarkan fikrah Islam.

komentar