Kontes menggambar Nabi Muhammad akan digelar di Denmark bulan depan. Kontes itu menjadi salah satu agenda dalam festival politik rakyat yang dimotori oleh partai sayap kanan Denmark (Danskernes Parti).

Kelompok anti-Islam Denmark, Stop the Islamization of Denmark (SIAD) and Frit Danmark mengkonfirmasi pada Selasa (19/5/2015) bahwa mereka akan berpartisipasi dalam kontes menggambar nabi Muhammad. Selain kontes, juga akan diselenggarakan pameran hasil kontes pertama yang digelar di Texas beberapa waktu yang lalu.




Dalam rangka menjamin acara berlangsung aman dan belajar dari insiden di Texas yang menelan korban, panitia akan memperketat keamanan acara tersebut.

"Jika situasi (seperti di Texas) harus terjadi, kita siapkan keamanan yang memadai," kata ketua Frit Danmark Michael Ellegaard seperti dikutip Republika.

Hingga berita ini dimuat, riak-riak protes umat Islam dilaporkan mulai muncul di Denmark. Umat Islam menilai acara tersebut merupakan provokasi dan pelecehan karena di dalam Islam, tidak diperkenankan menggambar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Seperti diketahui, aktivis anti Islam asal New York bernama Pamela Geller menggelar kontes menggambar nabi Muhammad di Texas, Ahad (3/5/2015) lalu. Ia menawarkan hadiah 10 ribu dolar bagi pemenang kontes itu. Geller berdalih, kontes itu bertujuan menyatakan kebebasan berpendapat sebagai respon dari kekerasan ketika menggambar Nabi Muhammad di Charlie Hebdo.

Sebanyak 75 orang hadir dalam kontes menggambar kartun Nabi Muhammad tersebut. Namun polisi membubarkan acara itu setelah mendengar ada tembakan di luar gedung. “Satu polisi dan dua terduga tersangka tertembak,” kata seorang berseragam SWAT mengumumkan di panggung pada saat pembubaran kontes tersebut. Setelah dibubarkan, sebagian peserta kontes diamankan menggunakan bus sekolah. Mereka dibawa ke lingkungan sekolah yang aman. [Siyasa/Tarbiyah.net]

Keterangan foto: Polisi siaga saat insiden Charlie Hebdo (Mashable.com)




Share To:
Magpress

Tarbiyah.net

Tarbiyah.net adalah media Islam yang menyajikan berita nusantara, mancanegara dan dunia Islam serta artikel islami. Memihak kebenaran, memperjuangkan keadilan dan menyebarkan fikrah Islam.

komentar