Beredarnya mushaf Al Qur’an salah cetak menggegerkan media sosial, baru-baru ini. Berita tersebut juga telah diangkat oleh sejumlah media baik lokal maupun nasional.

Berdasarkan foto-foto yang beredar, kesalahan cetak tersebut ditemukan pada Surat Al Hujurat ayat 8. Pada mushaf salah cetak tertulis “fadhlan minallaahi ghafuurun, wallahu ‘aliimun hakiim” seharusnya berbunyi “fadhlan minallaahi wa ni’matan, wallahu ‘aliimun hakiim”




Menurut Serambiminang, beredarnya foto mushaf Al Qur’an salah cetak tersebut telah menggegerkan media sosial. Sedangkan menurut Tribunnews, beredarnya mushaf Al Qur’an salah cetak tersebut telah menghebohkan masyarakat muslim.

Kendati diduga mushaf salah cetak tersebut berasal dari Selangor, Malaysia, tidak ada salahnya jika Anda memeriksa mushaf milik Anda khususnya pada surat Al Hujurat yakni surat ke-49 ayat 8.

Al Qur’an merupakan wahyu yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad dan menjadi mukjizat bagi beliau, diriwayatkan secara mutawatir dan membacanya bernilai ibadah. Dalam surat Al Hijr ayat 9, Allah menjamin akan menjaga Al Qur’an melalui firmaNya yang artinya: “Akulah yang menurunkan al-Qur'an dan Aku sendiri yang akan menjaganya.” (QS. al-Hijr: 9)

Di antara penjagaan Allah terhadap Al Qur’an sehingga senantiasa terjaga keotentikannya adalah banyaknya penghafal Qur’an di setiap masa. Selain itu, karena Al Qur’an senantiasa dibaca oleh banyak umat Islam, setiap kali ada yang ganjil atau salah dalam suatu mushaf akan segera diketahui.

Nah, jika Anda mengetahui ada mushaf yang salah cetak, segera laporkan ke Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran (LPMA) Kemenag, bisa juga melalui telepon 02187798807 atau melalui email ke: lajnah@kemenag.go.id [Ibnu K/Tarbiyah.net]




Share To:
Magpress

Tarbiyah.net

Tarbiyah.net adalah media Islam yang menyajikan berita nusantara, mancanegara dan dunia Islam serta artikel islami. Memihak kebenaran, memperjuangkan keadilan dan menyebarkan fikrah Islam.

komentar