Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mensabdakan sejumlah tanda menjelang hari kiamat. Beliau juga mensabdakan akan terjadinya peristiwa-peristiwa tertentu di akhir zaman. Salah satunya, hadits yang diriwayatkan Imam Al Bukhari ini.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

لَيَأْتِيَنَّ عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ لاَ يُبَالِى الْمَرْءُ بِمَا أَخَذَ الْمَالَ ، أَمِنْ حَلاَلٍ أَمْ مِنْ حَرَامٍ

“Benar-benar akan datang kepada manusia suatu masa, pada saat itu orang tidak lagi mempedulikan dari mana ia mendapatkan harta kekayaan, apakah dari jalan yang halal ataukah jalan yang haram” (HR. Al Bukhari)




Hadits ini merupakan salah satu nubuwat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Beliau memprediksi suatu saat nanti ada masa di mana orang-orang sudah tidak mempedulikan dari mana mereka mendapatkan harta kekayaan; yang penting mendapat uang, yang penting memperoleh kekayaan, yang penting bisa menjadi kaya.

Di zaman para sahabat, sifat zaman seperti ini sangat jauh. Mereka adalah generasi yang sangat memperhatikan halal haram. Apalagi soal harta, mereka benar-benar menjaga diri agar hartanya tidak tercemari dengan yang haram. Mereka benar-benar menjaga diri agar tidak ada makanan haram yang masuk ke perut dan tumbuh menjadi daging. Mereka sadar betul bahwa daging yang terbentuk dari makanan haram maka neraka lebih berhak atasnya.

Namun masa yang disebutkan Rasulullah tersebut kini benar-benar terjadi. Dan di negeri kita Indonesia, masa tersebut telah terjadi. Banyak bukti betapa tidak sedikit masyarakat yang tidak peduli soal halal haram dalam memperoleh harta dan kekayaan. Ada yang melalui praktik syirik dan perdukunan, zina, penjualan minuman keras, narkoba, perjudian, begal, pencurian, perampokan, hingga korupsi.

Berikut sebagian foto-fotonya yang membuat kita sepakat bahwa nubuwah Nabi di atas telah terjadi di Indonesia. Foto-foto ini sekaligus perlu menjadi bahan perenungan dan motivasi bagi aktivis dakwah untuk lebih bersemangat dalam mencerahkan masyarakat.







Share To:
Magpress

Tarbiyah.net

Tarbiyah.net adalah media Islam yang menyajikan berita nusantara, mancanegara dan dunia Islam serta artikel islami. Memihak kebenaran, memperjuangkan keadilan dan menyebarkan fikrah Islam.

komentar