Pasukan Marinir TNI Angkatan Laut mengajak masyarakat umum turut serta dalam misi menegaskan bahwa Papua tetap milik Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Caranya, marinir mengajak masyarakat yang akan turut berpartisipasi dalam penaklukan Carstenz Pyramid atau Puncak Jaya.

Menaklukkan Carstenz Pyramid atau Puncak Jaya yang menjadi bagian dari “Barisan Sudirman” di Papua pada HUT Republik Indonesia ke-70, 17 Agustus 2015 mendatang merupakan salah satu upaya Marinir menegaskan bahwa setiap jengkap wilayah Papua adalah milik NKRI.




Penaklukan tersebut akan dilakukan tim ekspedisi dari Korps Pasukan Marinir 1 (Pasmar-1) TNI AL. Tim “Ekspedisi Rakyat Merdeka” yang berkekuatan 14 personel Korps Marinir akan mengibarkan bendera Merah Putih di Puncak Jaya.

Selain 14 personel tim “Ekspedisi Rakyat Merdeka” marinir juga mengajak jika ada pendaki dari kalangan masyarakat umum yang akan turut serta.

"Kami membuka pintu lebar-lebar kepada seluruh masyarakat yang akan turut berpartisipasi di dalamnya," kata Danpasmar-1, Brigjen (Mar) Kasirun Situmorang seperti dikutip Okezone, Senin (27/7/2015).

Dikutip dari Wikipedia, Puncak Jaya merupakan sebuah puncak yang menjadi bagian dari Barisan Sudirman yang terdapat di Papua. Puncak Jaya memiliki ketinggian 4.884 m dan di sekitarnya terdapat gletser Carstensz, satu-satunya gletser tropika di Indonesia, yang kemungkinan besar segera akan lenyap akibat pemanasan global.

Puncak Jaya merupakan gunung yang tertinggi di Indonesia kawasan Oceania. Ia juga merupakan salah satu dari tujuh puncak dunia. [Siyasa/Tarbiyah.net]

Keterangan foto:
Pasukan marinir (Okezone.com)




Share To:
Magpress

Tarbiyah.net

Tarbiyah.net adalah media Islam yang menyajikan berita nusantara, mancanegara dan dunia Islam serta artikel islami. Memihak kebenaran, memperjuangkan keadilan dan menyebarkan fikrah Islam.

komentar