Di masa harga-harga “meroket” ini, ada saja pihak yang mencoba melakukan penipuan. Salah satunya melalui ATM. Modusnya, memasang jebakan pada mesin ATM sehingga ketika ada nasabah yang memasukkan kartu ATM, kartu tersebut bisa masuk tapi tidak bisa keluar. Selanjutnya, nasabah akan diarahkan pada nomor telepon calla center palsu yang telah ditempel di mesin ATM tersebut.

Modus itu diungkapkan oleh Adrian Sofiyan. Ia hampir saja menjadi korban penipuan di ATM SPBU 539 Mangun Jaya, Tambun, Bekasi.





“Tadi ane ceritanya ngambil duit di atm bank BNI SPBU Mangun Jaya Tambun Bekasi. Nah seperti biasa kan ane masukin kartu dan masukin kode pin terus ane transaksi tarik tunai. Setelah ane selesai tarik tunai ane klik transaksi selesai. Nah di situ kan biasanya kartu ATM keluar ya gan. Tapi tadi kartu ATMN ane kaya ada yang ganjel gitu jadi ketahan di dalam. Ane coba tarik tarik ga bisa karena lobangnya sempit setelah beberapa menit akhirnya kartu ane ketelen deh.. Nah di situ ane panik deh gan, nah ane liat diatasnya ada sticker yang bertuliskan ‘LAYANAN 24 JAM jika kartu anda tertelan, rusak,hilang segera hubungi call center (021) 9380 0046,” tulis Adrian Sofiyan melalui akun Facebook pribadinya, Sabtu (19/9/2015).

Untungnya, Adrian tidak menghubungi call center tersebut. Ia curiga karena selama empat tahun menjadi nasabah BNI baru kali ini ada stiker tersebut.

“Akhirnya ane jongkok ngeliat ke dalem lobang buat masukin cardnya ternyata di dalamnya ada semacam pengganjal yang ditempelkan sehingga kartu bisa masuk tapi ga bisa keluar..,” lanjutnya.

Adrian kemudian mencoba mengorek pengganjal tersebut. “Ternyata ada kaya plastik gan, pas ane paksa lagi eh ternyata ada plastik yang dilem besi sama tempat masukin cardnya,” ungkapnya.

“Untung ane ga panik ane telpon call BNI resmi 500046 tapi ga nyambung. Ane lupa ini mungkin karena hari libur.. Ane tanya ke pegawai SPBU mana securitynya katanya lagi pergi. Ya sudahlah untung ane pake M-BANKING. Langsung ane ganti aja pin ane takut ada hal yang ga diinginkan,” pungkasnya.

Dari apa yang dialami Adrian tersebut, pembaca perlu curiga jika di mesin ATM ada stiker call center yang aneh dan benda mencurigakan di lubang tempat memasukkan kartu ATM. [Siyasa/Tarbiyah.net]









Share To:
Magpress

Tarbiyah.net

Tarbiyah.net adalah media Islam yang menyajikan berita nusantara, mancanegara dan dunia Islam serta artikel islami. Memihak kebenaran, memperjuangkan keadilan dan menyebarkan fikrah Islam.

komentar