Semula, penemuannya dianggap berbahaya sehingga ia ditangkap oleh polisi. Namun, berkat temuan dan penangkapan itu, Ahmed Mohammed diundang Obama ke Gedung Putih, mendapat bea siswa dari NASA dan jadi 'rebutan' bos Facebook, Twitter dan Google.

Nama Ahmed Mohammed tiba-tiba menjadi populer di Amerika Serikat (AS) dan masyarakat internasional. Presiden AS Barack Obama pun mengundang remaja muslim itu sebagai tamu Gedung Putih sembari membawa alat temuannya.




"Jam yang keren Ahmed. Maukah kamu membawanya ke Gedung Putih? Kita harus menginspirasi lebih banyak anak seperti kamu agar menyukai ilmu sains. Itulah yang membuat Amerika hebat," tulis Obama melalui akun Twitter pribadinya.

Pujian Obama itu telah di-retweet lebih dari 380 ribu pengguna Twitter dan difavoritkan 370 ribu orang.

Popularitas Ahmed juga bisa dilihat dari hastag #IstandWithAhmed. Menurut Twitter Data, kurang dari 24 jam, hastag yang mengapresiasi dan berpihak pada Ahmed itu telah muncul 370 ribu kali.




Seperti diberitakan sebelumnya, Ahmed adalah pelajar di MacArthur High School di Texas. Dia membawa perangkat jam digital karyanya ke sekolah untuk ditunjukkan pada guru agar bisa masuk klub robotik. Namun karena bentuknya mirip bom, sang guru malah curiga lalu melaporkannya pada polisi setempat.

Ahmed sempat ditahan oleh kepolisian Irving. Namun setelah menjelaskan berkali-kali dan pihak polisi melakukan konfirmasi, akhirnya Ahmed dibebaskan.

Tindakan yang dialami oleh Ahmed segera tersebar ke publik. Ramai-ramai mereka mendukung pembebasan Ahmed dan menilai tindakan guru dan kepolisian terhadap remaja itu sebagai tindakan diskriminatif.

Kasus Ahmed menjadi perhatian serius Obama hingga ia kemudian mengundang Ahmed ke Gedung Putih. Ahmed pun menyatakan siap memenuhi undangan itu.

Undangan lain datang dari Facebook, Google, Twitter dan Boax. Mereka kagum dengan karya Ahmed dan mengharap Ahmed mau datang ke perusahaan-perusahaan raksasa itu.

Selain itu, Ahmed juga mendapatkan bea siswa dari NASA dan mendapatkan keanggotaan seumur hidup dari Dallas Electonic Club. [Ibnu K/Tarbiyah.net]
















Share To:
Magpress

Tarbiyah.net

Tarbiyah.net adalah media Islam yang menyajikan berita nusantara, mancanegara dan dunia Islam serta artikel islami. Memihak kebenaran, memperjuangkan keadilan dan menyebarkan fikrah Islam.

komentar