Jamaah haji dari kalangan Syiah disebut-sebut terkait dengan Tragedi Mina karena mereka tidak mematuhi aturan dan menerobos rute jamaah haji lainnya.

Belum ada video yang membuktikan kebenaran kabar tersebut. Namun, sejumlah kekacauan yang dilakukan oleh jamaah haji dari kalangan Syiah telah diabadikan dalam video dan telah diunggah ke Youtube.




Misalnya kekacauan pada tahun 1987 saat jamaah haji asal Syiah berbuat onar di tanah suci dengan melakukan demonstrasi. Kendati demonstrasinya menyuarakan anti-AS dan Israel, mereka telah mengganggu ketertiban haji, terlebih karena membawa senjata tajam.

Akibatnya, pasukan keamanan Arab Saudi mengusir mereka. Sebanyak 405 orang Syiah asal Iran tewas dalam bentrokan dengan otoritas Arab Saudi saat itu.

Beberapa tahun lalu, jamaah haji dari kalangan Syiah Iran juga membuat kekacauan dengan meneriakkan yel-yel revolusi hingga mengganggu pelaksanaan ibadah haji.











Share To:
Magpress

Tarbiyah.net

Tarbiyah.net adalah media Islam yang menyajikan berita nusantara, mancanegara dan dunia Islam serta artikel islami. Memihak kebenaran, memperjuangkan keadilan dan menyebarkan fikrah Islam.

komentar