Sebuah kamar jamaah haji Indonesia di Hotel Sakkab Al Barakah, Aziziah, Mekah, Arab Saudi terbakar habis. Kamar 801 Lantai 8 Pemondokan 403 itu dilalap api pada Kamis (17/9/2015) dini hari waktu setempat. Seluruh isi kamar pun hangus.

Menurut pihak yang berwenang, kamar ini dihuni jemaah dari Kediri yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) Surabaya (SUB) 61. Mereka tiba di Mekah pada Rabu 16 September 2015.

"Ada 2 orang yang tinggal di dalam kamar itu," kata Kepala Seksi Perlindungan Jemaah Daerah Kerja Mekah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Jaetul Muchlis Bashir, Kamis (17/9/2015) seperti dikutip Liputan6.




Muchlis menjelaskan, kebakaran terjadi saat penghuni kamar sedang umrah. Ia menduga mereka lupa mematikan rice cooker ketika berangkat umrah.

"Rice cooker menyala, padahal umrah berjalan sampai 2 jam. Ini tentu saja sangat ceroboh," paparnya.

Melewati tengah malam, asap muncul dari lantai 8 pemondokan. Dengan cepat, asap memenuhi lantai lain di bawahnya, membuat jamaah di bawahnya histeris.

Mengetahui ada kebakaran, petugas langsung mengevakuasi seluruh jamaah dari lantai 1 sampai lantai 8. Sebagian pintu yang terkunci dibuka paksa.

Selain itu, petugas sektor juga menghubungi pemadam kebakaran setempat yang akhirnya tiba lima menit kemudian.

Tak ada korban jiwa dalam kebakaran itu, namun dua orang jamaah haji disevakuasi karena menghirup asap tebal.

Setelah api dipadamkan, petugas melarang jamaah kembali ke pemondokan tersebut karena masih penuh asap. Mereka dipindahkan ke Pemondokan 310 di Hotel Holliday Inn. [Siyasa/Tarbiyah.net]

Keterangan foto:
ilustrasi (Liputan6.com)









Share To:
Magpress

Tarbiyah.net

Tarbiyah.net adalah media Islam yang menyajikan berita nusantara, mancanegara dan dunia Islam serta artikel islami. Memihak kebenaran, memperjuangkan keadilan dan menyebarkan fikrah Islam.

komentar