Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan kabut asap kebakaran hutan telah menyebar ke sebagian Pulau Jawa, Ahad (25/10/2015). DKI Jakarta dan Jawa Barat, serta Pulau Madura merupakan daerah yang terkena asap tersebut. Namun asap yang menyebar ke Pulau Jawa ini merupakan asap tipis.

“Kabut asap mengikuti angin. Kemarin asap tipis sampai ke Selat Sunda. Hari ini sudah ke Jawa Barat, Madura, Kalimantan Barat. Tapi ada beberapa daerah di Pulau Jawa seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur yang belum terkena asap," kata Deputi Meterologi BMKG Yunus Subagyo seperti dikutip CNN Indonesia.




BMKG menambahkan, asap tipis yang mulai menyebar di Pulau Jawa ini berada pada ketinggian 3.000 meter lebih dari permukaan bumi. Asap ini dinilai tak berbahaya dan tak memiliki dampak langsung bagi daerah-daerah yang diselimutinya.

Dari citra satelit cuaca Himawari, tampak asap tebal menyelimuti wilayah Sumatera dan Kalimantan serta sebagian Papua. Sedangkan asap tipis tersebar merata ke banyak tempat termasuk sebagian Pulau Jawa, Madura, hingga Malaysia dan Singapura.

Lebih jauh BMKG menambahkan, diperkirakan hujan akan turun pada pekan depan. Turunnya hujan sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Sumatera dan Kalimantan guna memadamkan api dan mentralisir asap. [Siyasa/Tarbiyah.net]








Share To:
Magpress

Tarbiyah.net

Tarbiyah.net adalah media Islam yang menyajikan berita nusantara, mancanegara dan dunia Islam serta artikel islami. Memihak kebenaran, memperjuangkan keadilan dan menyebarkan fikrah Islam.

komentar