Di akhir zaman nanti, akan ada sebuah bangsa yang mendominasi. Dalam hadits riwayat Imam Muslim ini, disebutkan enam ciri positifnya.

Di akhir zaman nanti, akan ada sebuah bangsa yang mendominasi. Dalam hadits riwayat Imam Muslim ini, disebutkan enam ciri positifnya.

قَالَ الْمُسْتَوْرِدُ الْقُرَشِىُّ عِنْدَ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ تَقُومُ السَّاعَةُ وَالرُّومُ أَكْثَرُ النَّاسِ. فَقَالَ لَهُ عَمْرٌو أَبْصِرْ مَا تَقُولُ. قَالَ أَقُولُ مَا سَمِعْتُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ لَئِنْ قُلْتَ ذَلِكَ إِنَّ فِيهِمْ لَخِصَالاً أَرْبَعًا إِنَّهُمْ لأَحْلَمُ النَّاسِ عِنْدَ فِتْنَةٍ وَأَسْرَعُهُمْ إِفَاقَةً بَعْدَ مُصِيبَةٍ وَأَوْشَكُهُمْ كَرَّةً بَعْدَ فَرَّةٍ وَخَيْرُهُمْ لِمِسْكِينٍ وَيَتِيمٍ وَضَعِيفٍ وَخَامِسَةٌ حَسَنَةٌ جَمِيلَةٌ وَأَمْنَعُهُمْ مِنْ ظُلْمِ الْمُلُوكِ

Al Mustaurid Al Quraisyi berkata di hadapan Amr bin Ash, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Saat hari kiamat tiba, orang-orang Romawi yang banyak mendominasi.’” Kemudian Amr bin Ash mejawab, “Sadarkah engkau dengan apa yang kamu katakan itu?” Al Mustaurid menjawab, “Benar, aku mengatakan apa yang aku dengar dari Rasulullah.”

Maka Amr bin Ash berkata, “Kalau begitu mereka ini memiliki 4 ciri:
1. Mereka adalah bangsa yang paling ulet dalam menghadapi fitnah
2. Mereka adalah bangsa yang cepat bangkit apabila ditimpa krisis
3. Mereka adalah bangsa yang paling cepat bersatu setelah bercerai berai
4. Mereka adalah bangsa yang paling santun terhadap orang miskin, anak yatim dan dhuafa
Ditambah lagi yang kelima, mereka adalah bangsa yang bagus dan rupawan serta paling mampu mencegah kezaliman penguasa.”
(HR. Muslim)





Siapakah bangsa Romawi yang akan mendominasi di akhir zaman itu? Sebagian ulama muta’akhirin berpendapat bahwa bangsa Romawi di masa sekarang adalah Amerika dan Eropa. Mereka beralasan, sebab merekalah yang berkiblat kepada Roma dan menguasai Roma.

Seperti diketahui, pada zaman Rasulullah, Romawi terdiri dari Romawi Barat dan Romawi Timur. Ikon Romawi Barat adalah Roma sedangkan Romawi Timur ibu kotanya adalah Konstantinopel. Pada perang Khandaq, sahabat pernah bertanya mana yang akan ditaklukkan oleh umat Islam pertama kali, Konstantinopel atau Roma. Rasulullah menjawab bahwa Konstantinopel yang akan ditaklukkan terlebih dahulu.

Rasulullah benar, Konstantinopel akhirnya ditaklukkan oleh Muhammad Al Fatih. Berdasarkan hal itu, Syaikh Ahmad Syakir menyimpulkan bahwa yang dimaksud Romawi dalam hadits ini adalah Turki, khususnya Konstantinopel. Menurutnya, Konstantinopel nanti akan kembali menjadi milik umat Islam secara penuh setelah menjadi sekuler akibat ulah Mustafa Kemal Ataturk.

Wallahu a’lam bish shawab. [Ibnu K/Bersamadakwah]








Share To:
Magpress

Tarbiyah.net

Tarbiyah.net adalah media Islam yang menyajikan berita nusantara, mancanegara dan dunia Islam serta artikel islami. Memihak kebenaran, memperjuangkan keadilan dan menyebarkan fikrah Islam.

komentar