Ada sebuah cara mudah untuk mengetahui jantung Anda sehat atau tidak. Cara ini bisa Anda lakukan di rumah, di masjid, bahkan ketika sedang berlibur di alam bebas sekalipun.

Caranya, duduklah di lantai dengan kaki diluruskan ke depan sehingga jari-jari kaki menghadap ke atas. Setelah itu, jangkaulah ujung jari kaki Anda dengan tangan. Jika Anda cukup fleksibel menjangkau ujung jari kaki dengan tangan, insya Allah jantung Anda masih sehat.

Sebaliknya, jika Anda kesulitan menjangkau ujung jari kaku dengan tangan, Anda bisa pergi ke dokter spesialis jantung atau kardiolog untuk memeriksakan kondisi jantung Anda. Apalagi jika Anda mengalami nyeri di dada, sering mengeluarkan keringat dingin, dan tanda-tanda sakit jantung lainnya.

Cara mudah mengetahui kesehatan jantung ini telah dipublikasikan dalam jurnal Heart and Circulatory Physiology.

Peneliti dari University of North Texas dan sejumlah peneliti Jepang melakukan percobaan dengan 526 partisipan yang berusia antara 20 hingga 83 tahun. Partisipan mengikuti tes fleksibilitas tubuh sambil diukur tekanan darah, pembuluh arteri dan aktivitas jantungnya.

Hasilnya, peneliti menemukan korelasi antara tubuh yang tidak fleksibel dengan pembuluh arteri yang tidak fleksibel, terutama pada partisipan di atas umur 40 tahun.

Partisipan yang gagal dalam tes fleksibilitas tubuh dan gagal mencapai ujung jari kaki ternyata memiliki pembuluh darah yang kaku, dan artinya kemampuan jantung menjadi kurang baik, efisien dan risiko penyakit jantung pun meningkat.

Dr Yamamoto menjelaskan, kendati teori antara hubungan otot punggung dan kaki dengan otot di dekat jantung masih samar-samar, tapi dengan adanya studi tersebut cukup membantu.




Kekakuan otot punggung, kaki dan pembuluh jantung yang saling berhubungan tersebut dikarenakan komposisi kolagennya yang sama.

"Jika Anda bisa menyentuh jari kaki saat duduk lurus, jantung Anda berarti masih cukup baik. Tapi jika tidak bisa, mungkin Anda perlu mendatangi kardiolog," kata Dr Yamamoto seperti dikutip DetikHealth.

Namun Yamamoto menambahkan tidak selamanya otot kaku adalah pertanda penyakit jantung, hanya mungkin jantungnya kurang fit dan sehat saja dari yang seharusnya. [Siyasa/Tarbiyah.net]








Share To:
Magpress

Tarbiyah.net

Tarbiyah.net adalah media Islam yang menyajikan berita nusantara, mancanegara dan dunia Islam serta artikel islami. Memihak kebenaran, memperjuangkan keadilan dan menyebarkan fikrah Islam.

komentar