Tarbiyah.net - Operator Japan Railway (JR) berencana menutup Stasiun Kami-Shirataki karena sudah tiga tahun sepi penumpang. Namun, mengetahui ada seorang siswi yang setiap hari berangkat sekolah naik kereta api itu, penutupannya ditunda hingga ia lulus sekolah.

Stasiun Kami-Shirataki terletak di Pulau Hokkaido. Lokasinya yang terpencil dan berakhirnya kereta kargo membuat operator JR memutuskan untuk menutup stasiun tersebut, terlebih sudah tiga tahun kereta di sana sepi penumpang.

Namun, ternyata, penumpang kereta tidak hilang sama sekali. Setidaknya, masih ada seorang siswi yang setia menunggu kereta di stasiun itu untuk berangkat dan pulang sekolah.




Mengetahui ada siswi yang mengandalkan kereta itu sebagai transportasi ke sekolah, operator JR mengurungkan niat untuk menutup stasiun itu dan memilih tetap menjalankan kereta, hanya untuk mengantar jemput seorang siswi SMA itu saja. JR memutuskan menunda penutupan stasiun itu hingga siswi SMA tersebut lulus.

JR bahkan menyesuaikan jadwal kereta dengan jadwal keberangkatan dan kepulangan sekolah siswi SMA itu. Jadinya, kereta itu seperti hanya melayani siswi tersebut seorang; mengantarnya ke sekolah dan menjemputnya sepulang sekolah. Seperti dilansir Detik mengutip Citylab, siswi tersebut akan lulus pada 26 Maret 2016 ini. Saat itulah, stasiun tersebut akan ditutup.

Keputusan JR itu ini mendapat banyak respek dari warga Jepang dan beredar viral di media sosial. Warga mengapresiasi pemerintah Jepang yang menjadikan pendidikan sebagai prioritas utama.




"Inilah artinya good governance yang masuk dengan benar hingga ke akar rumput. Setiap warga sangat penting. Tidak boleh ada anak yang tertinggal," tulis salah seorang netizen dalam Facebook CCTV.

Bahkan, netizen Indonesia pun banyak yang angkat topi untuk pemerintah Jepang dalam hal pelayanan seperti ini.

“Masha Allah.. coba kalo di negeri ini mencontoh jepang,nggak peduli untung rugi,tapi prioritas utama anak-anak harus tetap sekolah walaupun di tempat terpencil,” kata Sutrisno.

“Terharu membanya punya pemerintah sebesar itu terhadap warganya . . . Kapan Indonesia bisa bikin dunia tercengang?” kata Khoiri. [Ibnu K/Tarbiyah.net]








Share To:
Magpress

Tarbiyah.net

Tarbiyah.net adalah media Islam yang menyajikan berita nusantara, mancanegara dan dunia Islam serta artikel islami. Memihak kebenaran, memperjuangkan keadilan dan menyebarkan fikrah Islam.

komentar