ilustrasi (Sindonews.com)
Terhitung mulai Ahad (21/2/2016) kemarin, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) bersama Kementerian Lingkungan Hidup mulai hari ini resmi memberlakukan kebijakan kantong plastik berbayar. Jika sebelumnya konsumen mendapat plastik gratis ketika belanja, dengan kebijakan ini konsumen akan dikenai harga Rp 200/plastik.

Namun, menurut Carrefour, uang tersebut akan didonasikan untuk program peduli lingkungan bekerja sama dengan kementerian lingkungan hidup.

"Jadi hari ini‎ Transmart Carrefour, akan melakukan kampanye kepada konsumennya untuk plastik tidak gratis, berbayar Rp200/ plastik. Ini akan kami donasikan untuk peduli lingkungan, bekerjasama dengan kementerian lingkungan hidup," kata General Manager PT Trans Retail Indonesia Satria Hamid di Jakarta, Ahad (21/2/2016) seperti dikutip Sindonews.

Program ini diluncurkan serentak di 22 kota se-Indonesia. Menurutnya, pihak Carrefour juga akan melakukan edukasi mengenai pentingnya program ini. Bagi yang tidak ingin menggunakan plastik berbayar, konsumen dipersilakan membawa tas belanja dari rumah.

"Jadi tidak semata-mata mereka bayar Rp200, uang ini kita akan donasikan untuk lembaga lingkungan hidup," tambahnya. [Siyasa/Tarbiyah]








Share To:
Magpress

Tarbiyah.net

Tarbiyah.net adalah media Islam yang menyajikan berita nusantara, mancanegara dan dunia Islam serta artikel islami. Memihak kebenaran, memperjuangkan keadilan dan menyebarkan fikrah Islam.

komentar