Shalat Subuh berjamaah di Masjid Citayam Depok (Republika.co.id)
Tarbiyah.net - Masyarakat muslim yang Subuh berjamaah ternyata relatif lebih sejahtera daripada masyarakat muslim yang tidak Subuh berjamaah. Temuan itu disampaikan oleh Ustadz Rofiul Fata setelah melakukan pengamatan di sejumlah desa.

“Desa-desa yang masjidnya ramai saat Shalat Subuh lebih sejahtera daripada desa-desa yang masjidnya sepi saat Shalat Subuh,” kata Dai Ikadi ini ketika memberikan pengajian di Islamic Center Gresik.

Ustadz Rofiul Fata mengamati sejumlah desa di Gresik. Ia menemukan, desa-desa yang masjidnya banyak jamaah Shalat Subuh relatif lebih sejahtera yang tampak dari rumah-rumah di desa itu serta kemakmurannya secara umum.

Mengapa masyarakat muslim yang Subuh berjamaah relatif lebih sejahtera daripada masyarakat muslim yang jarang Subuh berjamaah? Jika dikaitkan dengan hadits Nabi, fenomena itu bisa dijelaskan dengan satu kata; barakah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berdoa:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu pagi mereka.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, Tirmidzi, An Nasa’i dan Ibnu Hibban; shahih lighairihi)






Inilah doa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam untuk umat beliau. Beliau mendoakan agar umatnya mendapatkan keberkahan di pagi hari. Doa ini berlaku bagi umat beliau yang bangun pagi, shalat Subuh berjamaah dan beraktifitas di pagi hari. Tidak berlaku bagi orang-orang yang bangun kesiangan.

Ya Allah, berkahilah umatku di waktu pagi mereka

Shakhr bin Wada’ah al Ghamidi ash Shahabi radhiyallahu ‘anhu, sahabat yang meriwayatkan hadits ini menambahkan:

وَكَانَ إِذَا بَعَثَ سَرِيَّةً أَوْ جَيْشًا بَعَثَهُمْ فِى أَوَّلِ النَّهَارِ

Dan apabila beliau mengirim pasukan atau tentara perang, beliau memberangkatkan mereka pagi-pagi.

Shakhr sendiri telah membuktikan bahwa berangkat pagi-pagi dalam mencari rezeki membuahkan keberkahan yang luar biasa. Shakhr adalah seorang pebisnis. Dia selalu memberangkatkan barang-barangnya dimulai sejak dini hari sehingga ia menjadi kaya raya dan hartanya barakah. [Ibnu K/Tarbiyah]








Share To:
Magpress

Tarbiyah.net

Tarbiyah.net adalah media Islam yang menyajikan berita nusantara, mancanegara dan dunia Islam serta artikel islami. Memihak kebenaran, memperjuangkan keadilan dan menyebarkan fikrah Islam.

komentar