Sebuah video tentang bahaya makan mie instan pakai nasi menjadi viral di media sosial. Di Youtube, video ini telah ditonton 1,5 juta kali.

Dalam video berdurasi 2,5 menit itu, dijelaskan mengapa makan mie instan pakai nasi berbahaya.

Kalori tinggi


Satu porsi mie instan mengandung sekitar 400 kalori. Jumlah ini sama dengan satu porsi nasi ukuran sedang dan lauk pauk. Jika satu porsi mie instan ditambah nasi, artinya sekitar 600-700 kalori. Itu dalam satu kali makan.

Padahal wanita dewasa secara rata-rata hanya membutuhkan 1200 - 1500 kalori per hari.

Resiko diabetes


Perpaduan karbohidrat dari mie instan dan nasi dapat menaikkan indeks glikemik, sehingga gula dalam darah naik drastis. Akibatnya, risiko masalah diabetes semakin tinggi.

Di sisi lain, hanya makan nasi dan mie instan tidak memenuhi kecukupan gizi lain seperti protein, serat, dan vitamin.

Kandungan MSG


Tidak diragukan, mie instan mengandung MSG yang sangat tinggi yang tidak baik untuk kesehatan. Karena itu, disarankan mengkonsumsi mie instan hanya seminggu sekali dan sebaiknya tidak dicampur dengan nasi. Daripada dicampur dengan nasi, lebih baik dicampur dengan sayur dan lauk (daging, ikan atau telur).

Selengkapnya, ini video yang juga ramai dibagikan di media sosial seperti Facebook dan Twitter:








Share To:
Magpress

Tarbiyah.net

Tarbiyah.net adalah media Islam yang menyajikan berita nusantara, mancanegara dan dunia Islam serta artikel islami. Memihak kebenaran, memperjuangkan keadilan dan menyebarkan fikrah Islam.

komentar