ilustrasi (Detik.com)
Gempa berkekuatan 7,8 Skala Richter (SR) melanda Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Rabu (2/3/2016) malam. Gempa itu terasa hingga Kabupaten Merangin, Jambi. Segera, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengeluarkan peringatan dini tsunami pada pukul 19:49:47 WIB.

Setelah berlalu 2,5 jam ternyata tidak terjadi tsunami sehingga BNPB mencabut peringatan dini tsunami tersebut pada pukul 22:34 WIB.

“Dengan demikian masyarakat dapat kembali ke rumah masing-masing dengan tenang. Tidak perlu takut dan kondisi aman," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho seperti dikutip Detik.

Sutopo menambahkan, tsunami sempat terdeteksi di Pulau Cocos setinggi 10 cm pada pukul 21:15 WIB. Tsunami juga sempat terdeteksi di garis pantai Padang setinggi 5 cm pada pukul 21:40 WIB.

BNPB juga telah mendapatkan laporan bahwa kondisi masyarakat aman, termasuk masyarakat Sikakap, Pagai Selatan, Sipora, Siberut dan Kepulauan Mentawai yang telah mengungsi di tempat yang tinggi.

Daerah-daerah di sepanjang Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu dan Lampung juga dilaporkan aman. [Siyasa/Tarbiyah.net]







Share To:
Magpress

Tarbiyah.net

Tarbiyah.net adalah media Islam yang menyajikan berita nusantara, mancanegara dan dunia Islam serta artikel islami. Memihak kebenaran, memperjuangkan keadilan dan menyebarkan fikrah Islam.

komentar