Banyak orang ingin masuk surga. Namun tahukah Anda, ternyata surga juga ingin orang-orang tertentu dimasukkan ke dalamnya. Surga berdoa kepada Allah agar mereka dimasukkan ke dalam surga.

Ingin surga berdoa agar Anda dimasukkan ke dalamnya? Simak sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berikut ini.

مَنْ سَأَلَ اللَّهَ الْجَنَّةَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، قَالَتِ الْجَنَّةُ: اللَّهُمَّ أَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَمَنْ اسْتَجَارَ مِنَ النَّارِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، قَالَتِ النَّارُ: اللَّهُمَّ أَجِرْهُ مِنَ النَّارِ

“Siapa yang meminta surga tiga kali, maka surga akan berkata: ’Ya Allah, masukkanlah dia ke dalam surga.’ Dan siapa yang memohon perlindungan dari neraka tiga kali, maka neraka akan berkata: ’Ya Allah, lindungilah dia dari neraka.” (HR. Tirmidzi, An Nasa’i dan Ahmad; shahih lighairihi)

Jadi, jika Anda adalah seorang mukmin, sering-seringlah berdoa meminta surga kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Untuk mendapatkan keutamaan seperti hadist di atas sehingga surga pun mendoakan Anda, berdoalah minta surga kepada Allah tiga kali.

Hadits ini juga mengingatkan agar kita lebih perhatian dengan kebutuhan akhirat. Sering kali orang berdoa meminta kebutuhan dunianya tercukupi. Berdoa minta sehat, sembuh dari penyakit, bebas dari hutang dan minta rezeki yang banyak. Bukan tidak boleh, tetapi berdoa untuk akhirat tak boleh dikesampingkan. Sebagaimana firman-Nya:

مَنْ سَأَلَ اللَّهَ الْجَنَّةَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، قَالَتِ الْجَنَّةُ: اللَّهُمَّ أَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَمَنْ اسْتَجَارَ مِنَ النَّارِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، قَالَتِ النَّارُ: اللَّهُمَّ أَجِرْهُ مِنَ النَّارِ . أُولَئِكَ لَهُمْ نَصِيبٌ مِمَّا كَسَبُوا وَاللَّهُ سَرِيعُ الْحِسَابِ

Maka di antara manusia ada orang yang berdoa: “Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia”, dan tiadalah baginya bahagian (yang menyenangkan) di akhirat.” Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka”. Mereka itulah orang-orang yang mendapat bahagian dari apa yang mereka usahakan; dan Allah sangat cepat perhitungan-Nya.” (QS. Al Baqarah: 200-201)

Wallahu a’lam bish shawab. [Ibnu K/Tarbiyah.net]







Share To:
Magpress

Tarbiyah.net

Tarbiyah.net adalah media Islam yang menyajikan berita nusantara, mancanegara dan dunia Islam serta artikel islami. Memihak kebenaran, memperjuangkan keadilan dan menyebarkan fikrah Islam.

komentar