Syiah Imam Itsna Asyariyah (12 imam) atau dikenal juga dengan Syiah Imamiyah merupakan aliran syiah terbesar saat ini. Mereka mengaku memiliki 12 imam dengan imam pertama adalah Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu dan imam ke-12 adalah Imam Mahdi.

Salah satu hal yang membedakan keyakinan syiah imamiyah dengan umat Islam adalah, syiah membenci Malaikat Jibril. Mengapa?

Sayyid Husain Al Musawi –mantan tokoh syiah yang kemudian bertaubat- menjelaskan dalam bukunya berjulud Lillahi tsumma Littarikh (edisi Indonesia: Mengapa Saya Keluar dari Syiah) bahwa Syiah Imamiyah membenci Malaikat Jibril karena Jibril salah menyampaikan wahyu yang seharusnya disampaikan kepada Ali bin Abu Thalib keliru kepada Muhammad bin Abdullah. Bahkan mereka menganggap Malaikat Jibril berkhianat.






“Mereka mengatakan bahwa Jibril mengkhianati amanat karena seharusnya dia menurunkan wahyu kepada Ali ‘alaihis salam tetapi dia berpaling darinya dan menurunkan kepada Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Dengan demikian dia telah mengkhianati amanat,” tulis Sayyid Husain Al Musawi.

Jika demikian keyakinan Syiah, alangkah miripnya dengan Yahudi yang juga membenci Malaikat Jibril.

قُلْ مَنْ كَانَ عَدُوًّا لِجِبْرِيلَ فَإِنَّهُ نَزَّلَهُ عَلَى قَلْبِكَ بِإِذْنِ اللَّهِ مُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَهُدًى وَبُشْرَى لِلْمُؤْمِنِينَ . مَنْ كَانَ عَدُوًّا لِلَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَرُسُلِهِ وَجِبْرِيلَ وَمِيكَالَ فَإِنَّ اللَّهَ عَدُوٌّ لِلْكَافِرِينَ

“Katakanlah: ‘Barangsiapa menjadi musuh Jibril, maka Jibril itu telah menurunkan (Al Qur’an) ke dalam hatimu dengan seizin Allah; membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman.’ Barangsiapa yang menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasulNya, Jibril dan Mikail, maka sesungguhnya Allah adalah musuh orang-orang yang kafir.” (QS. Al Baqarah: 97-98)

Namun jika diingat bahwa penggagas Syiah adalah Abdullah bin Saba’, kemiripan itu hal yang wajar. Sebab Abdullah bin Saba’ adalah seorang Yahudi yang pura-pura masuk Islam untuk melakukan pengrusakan. [Ibnu K/Tarbiyah.net]







Share To:
Magpress

Tarbiyah.net

Tarbiyah.net adalah media Islam yang menyajikan berita nusantara, mancanegara dan dunia Islam serta artikel islami. Memihak kebenaran, memperjuangkan keadilan dan menyebarkan fikrah Islam.

komentar