Film Batman v Superman: Dawn of Justice yang kini memuncaki Box Office ternyata mengangkat stigma negatif terhadap Islam. Bahkan bisa disebut melecehkan Islam.

Film yang dalam tiga hari telah meraup 424 juta dollar AS (Rp 5,6 triliun) itu menampilkan sosok-sosok muslim sebagai teroris. Pada menit ke-12, tampak sejumlah orang berpakaian jubah dan penutup kepala dan sebagiannya mengenakan peci putih. Mereka memegang senjata dan menyandera seorang wanita.

salah satu adegan pada menit ke-12


Belakangan, sosok-sosok muslim itu dikenalkan sebagai teroris. Mereka sempat beradu tembak dengan pasukan pemerintah dengan melibatkan tentara bayaran Lex Corp. Hingga Superman datang untuk menyelematkan sandera.

Film Batman v Superman bukanlah satu-satunya film Hollywod yang melecehkan Islam. Sebelumnya tercatat Film Robocop 2014 dan Iron Man 3 yang juga menampilkan sosok-sosok muslim sebagai teroris. Bahkan film Dracula Untold telah memalsukan sejarah dengan menjadikan Islam dan muslim sebagai sosok anatagonis, membalik cerita dengan posisi Khilafah Utsmaniyah sebagai pihak yang jahat serta menggambarkan Sultan Muhammad II mati di tangan Dracula. Padahal fakta sebenarnya Dracula yang kalah dalam peperangan melawan Sultan Muhammad II. [Ibnu K/Tarbiyah.net]



Share To:
Magpress

Tarbiyah.net

Tarbiyah.net adalah media Islam yang menyajikan berita nusantara, mancanegara dan dunia Islam serta artikel islami. Memihak kebenaran, memperjuangkan keadilan dan menyebarkan fikrah Islam.

komentar