Penghasilan sudah bertambah tetapi selalu habis bahkan minus? Coba 10 trik berhemat ini

Penghasilan sudah naik tapi tetap nggak ada sisa untuk menabung atau investasi? Penghasilan sudah bertambah tetapi selalu habis bahkan minus? Coba 10 trik berhemat yang diadaptasi dari tulisan Tung Desem Waringin ini. Insya Allah Anda bisa berhemat ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

1. Jauhi bunga hindari denda. Jauhi semua hutang yang berbunga atau riba. Bayarlah cicilan, pembayaran atau hutang tepat waktu sehingga tidak terkena denda. Misalnya bayar listrik, air, cicilan ke Bank Syariah, dan lain-lain.

2. Sebelum pergi ke pusat perbelanjaan, buatlah daftar belanja terlebih dahulu. Tanpa daftar belanja, kita menjadi mudah tergoda untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan.

3. Daripada membeli makanan di luar yang harganya relatif mahal, lebih baik memasak sendiri. Hanya dengan Rp 15.000, kita bisa membeli dua ikat kangkung dan setengah kilogram telur untuk dijadikan hidangan seharian.

4. Agar tidak bosan, masaklah variasi menu yang berbeda. Meskipun dengan menggunakan bahan yang sama, coba variasikan ke menu lain. Misalnya telur, bisa dimasak scrambled egg, omlet, telur ceplok, telur balado, dan lain-lain.






5. Belanjalah sendirian. Karena belanja yang dilakukan bersama dengan teman akan membuat banyak barang tak dibutuhkan ikut terbeli. Studi yang dilakukan oleh Marketing Science Institute menunjukkan, 65% barang yang dibeli saat belanja bersama orang lain adalah barang-barang yang tidak berguna.

6. Pertajam insting pada barang-barang yang sedang promo atau berbagai diskon, kupon, dan cashback.

7. Buatlah budget setiap bulannya lalu masukan uang belanja ke dalam amplop. Saat belanja pun hanya boleh membawa amplop tersebut. Jangan ada tambahan seperti kartu debit atau kartu kredit.

8. Jangan nyalakan AC di saat yang tidak perlu. Hanya gunakan AC saat gerah dan dibutuhkan. Pun, jangan menyalakan AC terlalu dingin. Seperlunya saja. Sebab semakin rendah suhu AC, semakin banyak juga listrik yang digunakan.

9. Berhenti ngemil. Uang yang dipakai untuk membeli snack sehari-hari sebenarnya bisa digunakan untuk membeli beras. Jika ingin ngemil, perbanyak minum air putih.

10. Terapkan pola hidup sehat dan berhenti melakukan kebiasaan buruk seperti merokok dan makan Junk Food.

[Ibnu K/Tarbiyah.net]



Share To:
Magpress

Tarbiyah.net

Tarbiyah.net adalah media Islam yang menyajikan berita nusantara, mancanegara dan dunia Islam serta artikel islami. Memihak kebenaran, memperjuangkan keadilan dan menyebarkan fikrah Islam.

komentar