Presiden Joko Widodo mengumpulkan seluruh menteri dan pejabat eselon I serta mengajak mereka untuk membayar zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Kamis (30/6/2016).

Kumpulkan Seluruh Menteri untuk Setor Zakat ke Baznas, Jokowi Dipuji
Jokowi mengawasi langsung penyerahan zakat menteri ke Baznas (Detik.com)
Presiden Joko Widodo mengumpulkan seluruh menteri dan pejabat eselon I serta mengajak mereka untuk membayar zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Kamis (30/6/2016).

Pengumpulan zakat di Istana Negara itu disebut sebagai pertama kalinya dalam sejarah. Sehingga Jokowi pun dipuji.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden yang telah memberikan contoh uswatun hasanah membayar zakat pada hari Selasa (28/6), kemudian bapak perintahkan Mensesneg dan Seskab di hadapan kami untuk mengumpulkan seluruh menteri dan pejabat eselon I membayar zakat melalui Baznas," kata ketua Baznas Prof Bambang Sudibyo seperti dikutip Detik.






Bambang berharap, apa yang telah dilakukan Jokowi bisa menjadi tradisi yang baik dan diikuti oleh seluruh kepala daerah. Ia menyebut, potensi zakat di Indonesia sangat besar. Demikian pula pertumbuhan zakat di Indonesia cukup menggembirakan.

Sebelumnya, Jokowi telah membayar zakat melalui Baznas pada Selasa (28/6/2016) melalui Baznas sebesar Rp 40 juta. Jumlah itu merupakan zakat profesi dan zakat mal.

Pada masa pemerintahan SBY, Presiden SBY juga telah rutin menyetor zakat ke Baznas. SBY mendukung penyaluran zakat melalui Baznas dan menghimbau para pejabat untuk membayar zakat namun belum sampai mengumpulkan seluruh menteri untuk membayar zakat serentak ke Baznas. [Ibnu K/Tarbiyah.net]



Share To:
Magpress

Tarbiyah.net

Tarbiyah.net adalah media Islam yang menyajikan berita nusantara, mancanegara dan dunia Islam serta artikel islami. Memihak kebenaran, memperjuangkan keadilan dan menyebarkan fikrah Islam.

komentar