Kudeta militer yang berupaya menjatuhkan Presiden Recep Tayyip Erdogan dan merebut pemerintahan Turki gagal total

Rakyat Turki turun ke jalan gagalkan kudeta
Rakyat Turki turun ke jalan gagalkan kudeta
Kudeta militer yang berupaya menjatuhkan Presiden Recep Tayyip Erdogan dan merebut pemerintahan Turki gagal total. Kudeta yang dilakukan sekelompok angkatan darat itu hanya bertahan selama sekitar 5 jam setelah berhadapan dengan seluruh rakyat Turki yang bersatu mendukung Erdogan, Sabtu (16/7/2016).

Gelombang rakyat segera turun ke jalan-jalan menolak kudeta setelah Erdogan tampil di televisi swasta mengumumkan adanya upaya kudeta dan masjid-masjid mengumandangkan adzan Sabtu dini hari. Sebagian massa membawa poster Erdogan dan bendera Turki, dengan heroik menolak kudeta.

Mayoritas militer dan seluruh partai politik termasuk oposisi juga menolak kudeta.






Tak butuh waktu lama, televisi dan radio pemerintah Turki TRT yang sempat dikuasai militer segera diambil alih rakyat. Sementara militer secara resmi segera bertindak bersama rakyat Turki menghentikan kudeta. Bahkan pesawat F16 Turki menembak helikopter pro kudeta.

Setelah situasi terkendali, Perdana Menteri Turki Binali Yildrim pada Sabtu pagi mengumumkan secara resmi bahwa upaya kudeta sekelompok militer itu gagal. Situasi keamanan di Turki sudah kembali berada dalam kendali pemerintah.

Yildrim menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh rakyat Turki dan partai-partai politik yang telah turun jalan menggagalkan upaya kudeta.

“Seluruh rakyat Turki bersatu menjaga demokrasi, persatuan dan keutuhan tanah air,” kata Yildrim. [Ibnu K/Tarbiyah.net]



Share To:
Magpress

Tarbiyah.net

Tarbiyah.net adalah media Islam yang menyajikan berita nusantara, mancanegara dan dunia Islam serta artikel islami. Memihak kebenaran, memperjuangkan keadilan dan menyebarkan fikrah Islam.

komentar