Ketika kudeta terjadi dan Erdogan meluncur ke Istanbul, pesawatnya diincar oleh dua jet tempur F-16

Erdogan
Ketika kudeta terjadi dan Erdogan meluncur ke Istanbul, pesawatnya diincar oleh dua jet tempur F-16. Bahkan, dua jet tempur yang diawaki personel pro-kudeta itu dikabarkan telah mengunci radar pesawat Erdogan.

"Setidaknya ada dua F-16. Mereka mengunci radar pesawat namun Erdogan yang sedang menunju ke Istanbul. Sementara dua pesawat F-16 lain melindunginya," kata seorang mantan perwira militer kepada dikutip Reuters, Senin (18/7/2016), seperti dikutip Republika.

Anehnya, dua jet tempur itu tidak jadi menembak hingga pesawat Erdogan akhirnya berhasil tiba di Istanbul dengan aman.

"Kenapa mereka tidak menembak masih menjadi misteri," ujarnya.






Erdogan kembali dari liburannya di resor Marmaris saat faksi militer melakukan kudeta pada Jumat (15/7/2016) malam. Faksi militer pelaku kudeta menutup jembatan Bosphorus dan mencoba menguasai bandara utama serta mengirimkan tank ke gedung parlemen di Ankara.

Pejabat senior Turki lain mengonfirmasi pesawat khusus Erdogan dibayangi jet pendukung kudeta ketika terbang dari Marmaris.

Upaya pembunuhan terhadap Presiden Turki itu juga terjadi saat ia baru saja meninggalkan Resor Marmaris. Beberapa menit setelah ia pergi, tempatnya menginap itu dibom. Sedangkan CNN Turk melaporkan sekitar 25 tentara turun dari helikopter menuju Marmaris hendak menculik Erdogan. [Ibnu K/Tarbiyah.net]



Share To:
Magpress

Tarbiyah.net

Tarbiyah.net adalah media Islam yang menyajikan berita nusantara, mancanegara dan dunia Islam serta artikel islami. Memihak kebenaran, memperjuangkan keadilan dan menyebarkan fikrah Islam.

komentar