Setelah 85 tahun, akhirnya untuk pertama kali adzan kembali dikumandangkan dari dalam bangunan Hagia Sophia

Setelah 85 Tahun, Adzan Kembali Terdengar dari Dalam Hagia Sophia
Setelah 85 tahun, akhirnya untuk pertama kali adzan kembali dikumandangkan dari dalam bangunan Hagia Sophia. Adzan dikumandangkan pada Jumat (1/7/2016) bertepatan dengan malam 27 Ramadhan yang oleh sebagian masyarakat Turki diyakini sebagai malam yang paling berpeluang untuk turunnya Lailatul qadar.

Sebelumnya, sejak empat tahun lalu, di Hagia Sophia memang sudah terdengar adzan. Namun, adzan dikumandangkan dari ruang shalat di halaman kompleks, bukan bagian dari bangunan bekas masjid dan katedral yang menjadi landmark kota Istanbul itu.






Hagia Sophia atau Ayasofya merupakan gedung yang dibangun sebagai pusat Kristen Ortodoks pada era Kaisar Bizantium Justinian I tahun 537. Pada tahun 1204 hingga 1261, ia diubah menjadi Katedral Katolik Roma oleh pasukan Salib. Pada 1453, ketika Sultan Muhammad Al Fatih berhasil membuka Konstantinopel, Hagia Sophia yang hampir rusak kemudian direnovasi dan dijadikan masjid.

Pada tahun 1935, setelah Mustafa Kemal Ataturk meruntuhkan khilafah Turki Utsmani, ia juga mensekulerkan Hagia Sophia dengan mengubahnya menjadi museum.

Saat ini, seruan untuk mengembalikan Hagia Sophia menjadi masjid semakin mengemuka. [Ibnu K/Tarbiyah.net]



Share To:
Magpress

Tarbiyah.net

Tarbiyah.net adalah media Islam yang menyajikan berita nusantara, mancanegara dan dunia Islam serta artikel islami. Memihak kebenaran, memperjuangkan keadilan dan menyebarkan fikrah Islam.

komentar