Anda mau berqurban pada Idul Adha tahun ini? Jika iya, ketahuilah bahwa hari ini adalah hari terakhir Anda memotong kuku dan rambut

potong rambut
Anda mau berqurban pada Idul Adha tahun ini? Jika iya, ketahuilah bahwa hari ini adalah hari terakhir Anda memotong kuku dan rambut. Kok bisa? Iya, karena mulai 1 Dzulhijjah, seseorang yang akan berqurkan dilarang memotong kuku dan rambut sampai hewan qurbannya disembelih.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

إِذَا رَأَيْتُمْ هِلاَلَ ذِى الْحِجَّةِ وَأَرَادَ أَحَدُكُمْ أَنْ يُضَحِّىَ فَلْيُمْسِكْ عَنْ شَعْرِهِ وَأَظْفَارِهِ

“Jika kalian telah menyaksikan hilal Dzulhijjah dan kalian ingin berqurban, maka hendaklah ia membiarkan (artinya tidak memotong) rambut dan kukunya.” (HR. Muslim)






مَنْ كَانَ لَهُ ذِبْحٌ يَذْبَحُهُ فَإِذَا أُهِلَّ هِلاَلُ ذِى الْحِجَّةِ فَلاَ يَأْخُذَنَّ مِنْ شَعْرِهِ وَلاَ مِنْ أَظْفَارِهِ شَيْئًا حَتَّى يُضَحِّىَ

“Siapa saja yang ingin berqurban dan apabila telah memasuki awal Dzulhijah (1 Dzulhijah), maka janganlah ia memotong rambut dan kukunya sampai ia berqurban.” (HR Muslim)

Jadi, jika tidak ingin kuku dan rambut terlalu panjang, potonglah pada hari ini dan mulai besok (1 Dzulhijjah) harus dibiarkan, tidak boleh dipotong sampai hewan qurban Anda disembelih.

Rambut dalam hadits di atas meliputi semua jenis rambut mulai rambut kepala, kumis, janggut, rambut (bulu) ketiak dan rambut-rambut lainnya. [Ibnu K/Tarbiyah.net]



Share To:
Magpress

Tarbiyah.net

Tarbiyah.net adalah media Islam yang menyajikan berita nusantara, mancanegara dan dunia Islam serta artikel islami. Memihak kebenaran, memperjuangkan keadilan dan menyebarkan fikrah Islam.

komentar