Rudal C705 telah membuat Indonesia malu. Pasalnya, rudal yang dibeli dari Cina seharga Rp 20 miliar per unit itu terlambat meluncur

Jokowi naik tank
Jokowi naik tank
Rudal C705 telah membuat Indonesia malu. Pasalnya, rudal yang dibeli dari Cina seharga Rp 20 miliar per unit itu terlambat meluncur saat latihan gabungan militer XXIV/2016 di perairan Banongan, Situbondo, Jawa Timur. Tidak tanggung-tanggung, keterlambatan peluncuran mencapai waktu 5 menit.

"Rudal C705 yang mengalami keterlambatan meluncur saat ditembakkan itu merupakan insiden yang sangat memalukan, terlebih, disaksikan oleh Presiden Jokowi," kata Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi, Jumat (16/9/2016) seperti dikutip Republika.






Bobby menegaskan, insiden itu harus diinvestigasi dan dievaluasi. Apakah rudal itu rusak sebelum diterima, atau alat komunikasi datanya yang bermasalah.

Lebih jauh Bobby menilai, insiden itu membuat citra militer Indonesia melemah di mata negara-negara sekitar. Apalagi rudal tersebut rencananya akan digunakan untuk menjaga kedaulatan negara di Laut Cina Selatan.

Karenanya, Bobby mendukung TNI AL menunda kontrak rudal C705 dengan Cina. Ia menyarankan agar TNI AL membeli alutsisa utama buatan negara lain. [Siyasa/Tarbiyah.net]



Share To:
Magpress

Tarbiyah.net

Tarbiyah.net adalah media Islam yang menyajikan berita nusantara, mancanegara dan dunia Islam serta artikel islami. Memihak kebenaran, memperjuangkan keadilan dan menyebarkan fikrah Islam.

komentar