Idul Adha tinggal menghitung hari. Sudahkah Anda siap untuk berqurban? Jangan buru-buru dijawab tidak mampu sebelum menonton video ini.

qurban
Idul Adha tinggal menghitung hari. Sudahkah Anda siap untuk berqurban? Jangan buru-buru dijawab tidak mampu sebelum menonton video ini.

Idul adha disebut juga dengan idul qurban karena amal utama pada hari itu (10 Dzulhijjah) dan hari-hari tasyrik (11, 12, dan 13 Dzulhijjah) adalah menyembelih hewan qurban.

Tidak sedikit orang sebenarnya mampu, tetapi tidak berqurban. Entah karena tidak tahu, hanya memahami bahwa qurban cukup sekali seumur hidup, atau merasa tidak perlu. Padahal, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengancam umatnya yang mampu berqurban namun tidak berqurban.






Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ كَانَ لَهُ سَعَةٌ وَلَمْ يُضَحِّ فَلاَ يَقْرَبَنَّ مُصَلاَّنَا

“Barangsiapa yang memiliki kelapangan untuk berqurban namun dia tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat kami” (HR Ibnu Majah, Ahmad dan Al Hakim)

Di sisi lain, ada orang yang menganggap dirinya tidak mampu berqurban padahal beli smartphone mahal bisa, beli gadget mahal bisa.

Video ini memberikan inspirasi kepada kita. Ternyata ada orang-orang yang untuk berqurban, mereka demikian sungguh-sungguh hingga menabung bertahun-tahun. Video berdurasi 4 menit 39 detik ini benar-benar inspiratif dan bisa membuat orang menitikkan air mata.





Share To:
Magpress

Tarbiyah.net

Tarbiyah.net adalah media Islam yang menyajikan berita nusantara, mancanegara dan dunia Islam serta artikel islami. Memihak kebenaran, memperjuangkan keadilan dan menyebarkan fikrah Islam.

komentar