Sebuah foto menggegerkan dunia maya. Dalam foto itu tampak Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab berjabat tangan dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

foto hoax Habib Rizieq jabat tangan Ahok
Sebuah foto menggegerkan dunia maya. Dalam foto itu tampak Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab berjabat tangan dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Tentu tidak sedikit netizen yang kaget, karena saat ini FPI getol menuntut agar Ahok diproses hukum terkait ucapannya seputar Surat Al Maidah ayat 51. Bahkan Habib Rizieq termasuk salah seorang tokoh yang memimpin demo ratusan ribu umat Islam menuntut Ahok diadili karena dinilai sudah melakukan tindakan penistaan agama.

Setelah ditelusuri, ternyata foto tersebut hoax alias editan. Aslinya, foto tersebut merupakan dua foto yang berbeda. Foto pertama, Ahok sedang berjabat tangan dengan Surya Paloh sambil tersenyum. Foto kedua, Habib Rizieq sedang tersenyum.






Dari foto pertama, Ahok dan jabat tangannya diambil, sedangkan foto Surya Paloh dihilangkan. Lalu digabungkan dengan foto Habieb Riziq yang dihilangkan foto tangannya lalu dimiringkan dan disesuaikan sedimikian rupa sehingga tampak Ahok dan Habieb Riziq saling berjabat tangan komando.

Foto hoax tersebut dikecam oleh sejumlah netizen.

“Tipuuuuuu mana mungkin habib mau seperti itu sm org yg telah menistakan Al Qur'an,” kata Baharuddin Manesa, Rabu (19/10/2016).

“Ini ulah manusia punya hobi fitnah...(foto editan),” kata Subiyantoro.

“Nih, foto asli. Ahok sm Surya Paloh. Event asli, berita asli. Dimuat di Tempo, tanggal sesuai yg ada di foto. Kenapa suka berbohong? Untuk apa? Demi apa?,” kata Niladewi Sri Pradnyautami.

Siapa yang mengedit foto Habib Rizieq dan Ahok? Baca: Ipang Wahid Ungkap Pengedit Foto Habib Rizieq Jabat Tangan Ahok


DPP FPI pun gerah dengan beredarnya foto hoax tersebut. Melalui akun Twitter resmi @dpp_fpi, disebutkan klarifikasi soal foto hoax tersebut.[Ibnu K/Tarbiyah.net]




Share To:
Magpress

Tarbiyah.net

Tarbiyah.net adalah media Islam yang menyajikan berita nusantara, mancanegara dan dunia Islam serta artikel islami. Memihak kebenaran, memperjuangkan keadilan dan menyebarkan fikrah Islam.

komentar