Foto Habib Rizieq Syihab berjabat tangan dengan Ahok beredar di media sosial. Tidak sedikit netizen yang menyangka bahwa foto itu betulan sehingga termakan provokasi lalu mengecam Habib

Foto editan
Foto Habib Rizieq Syihab berjabat tangan dengan Ahok beredar di media sosial. Tidak sedikit netizen yang menyangka bahwa foto itu betulan sehingga termakan provokasi lalu mengecam Habib. Padahal foto tersebut editan alias hoax.

Setelah ditelusuri, ternyata foto tersebut hoax alias editan. (Baca: Gegerkan Dunia Maya, Foto Habieb Riziq Jabat Tangan Ahok Ternyata Hoax)

Aslinya, foto tersebut merupakan dua foto yang berbeda. Foto pertama, Ahok sedang berjabat tangan dengan Surya Paloh sambil tersenyum. Foto kedua, Habib Rizieq sedang tersenyum.

Dari foto pertama, Ahok dan jabat tangannya diambil, sedangkan foto Surya Paloh dihilangkan. Lalu digabungkan dengan foto Habieb Riziq yang dihilangkan foto tangannya lalu dimiringkan dan disesuaikan sedimikian rupa sehingga tampak Ahok dan Habieb Riziq saling berjabat tangan komando.






DPP FPI pun gerah dengan beredarnya foto hoax tersebut. Melalui akun Twitter resmi @dpp_fpi, disebutkan klarifikasi soal foto hoax tersebut.



Lalu, siapa yang mengedit foto tersebut? Ipang Wahid mengungkapkan, foto editan tersebut adalah karya Agan Harahap.

“Ini memang karya mutakhir dari maestro photoshop namanya agan harahap kok...,” kata Ipang Wahid ketika diklarifikasi apakah foto tersebut editan.

Melalui akun Instagram Agan Harahap, pria yang disebut Ipang Wahid sebagai maestro photoshop itu mengunggah foto editan tersebut. Dan bukan kali ini saja ia mengedit foto. Di akun Instagram-nya, sangat banyak foto editan karyanya. [Ibnu K/Tarbiyah.net]



Share To:
Magpress

Tarbiyah.net

Tarbiyah.net adalah media Islam yang menyajikan berita nusantara, mancanegara dan dunia Islam serta artikel islami. Memihak kebenaran, memperjuangkan keadilan dan menyebarkan fikrah Islam.

komentar