Trans 7 menghadirkan KH Abdullah Gymnastiar dalam acara Hitam Putih untuk membahas kasus ucapan Ahok seputar Surat Al Maidah ayat 51

Aa Gym Hitam Putih Deddy Corbuzier
Trans 7 menghadirkan KH Abdullah Gymnastiar dalam acara Hitam Putih untuk membahas kasus ucapan Ahok seputar Surat Al Maidah ayat 51. Penjelasan Aa Gym yang menyejukkan membuat Deddy Corbuzier takjub. Berkali-kali, host acara Hitam Putih itu menyetujui penjelasan Aa Gym.

“A’ saya mau tanya. Walaupun saya duduk di kursi ini, tapi seandainya saya nih non muslim, lalu saya ingin mengajukan diri saya sebagai seorang pemimpin rakyat. Apakah saya sah?” tanya Deddy Corbuzier.

“Begini ya. Muslim, Non Muslim, ada di negara ini. Misalkan seorang non Muslim ingin jadi kepala daerah, ya silahkan saja. Yang penting jangan maksa orang untuk memilih dirinya. Kan begitu?” Jawab Aa Gym sembari bertanya.

“Betul,” Deddy langsung membenarkan.

“Lalu kemarin tentang kontoversi Pak Ahok tentang Surat Al Maidah ayat 51? Itu sebenarnya isi ayatnya apa?” Deddy kembali bertanya.






Aa Gym tidak langsung menjawab pertanyaan itu, tetapi meminta Deddy mendengarkan penjelasan yang pada tempatnya. Deddy pun mengiyakan. Aa Gym lantas menjelaskan bahwa yang terpenting adalah mengambil hikmah dan pelajaran karena jika sekedar membahas kejadian itu sudah banyak dilakukan.

Hikmah dari kasus Ahok yang dijelaskan Aa Gym membuat Deddy takjub. Bahwa Islam itu adil. Soal etnis, Ahok tidak bisa memilih lahir sebagai etnis apa sehingga umat Islam tidak berhak mempersoalkan etnis seseorang. Soal agama, itu juga hak Ahok untuk memilih agama apa. Namun ketika Ahok mengomentari Al Quran, hal itu merupakan sesuatu yang melampaui batas.

Hikmah kedua, menurut Aa Gym, bahwa pejabat publik harus benar-benar menjaga lisannya. Sebab jika tidak hati-hati, akibatnya bisa fatal.

Penjelasan Aa Gym berikutnya ketika menjawab pertanyaan bolehkah anarkis karena marah agamanya dilecehkan juga membuat Deddy takjub.





Share To:
Magpress

Tarbiyah.net

Tarbiyah.net adalah media Islam yang menyajikan berita nusantara, mancanegara dan dunia Islam serta artikel islami. Memihak kebenaran, memperjuangkan keadilan dan menyebarkan fikrah Islam.

komentar