Ratusan akun Youtube pendukung tersangka penistaan agama itu sewot atas video tersebut

500.000 rupiah
Sebuah video membuat pendukung Ahok murka. Ratusan akun Youtube pendukung tersangka penistaan agama itu sewot atas video tersebut. Mereka pun mempersoalkan karena video tersebut dipotong dari versi panjangnya.

Sedangkan Ahok yang mereka bela, pada video itu mereka sebut “hanya” mengutip media. Padahal, mengutip dari berita dan memotong video merupakan hal yang sama; memfokuskan audien/pemirsa pada satu persoalan tertentu. Asalkan keduanya sama-sama tidak mengubah subtansi dari video atau berita versi lengkapnya.

Video berdurasi 23 detik itu dipotong dari versi panjang video ABC 7.30 yang berdurasi 7 menit 23 detik. Dalam keterangan pun sudah dijelaskan bahwa video itu dikutip dari abc.com.au dan disertakan link video versi lengkap.

“It is not easy, you send more than 100,000 people, most of them, if you look at the news, they said they got the money, 500,000 Rupiah," kata Ahok dalam video tersebut.






Kata-kata inilah yang kemudian dilaporkan Herriansyah ke Bareskrim Polri, Kamis (17/11/2016), karena dianggap telah memfitnah peserta Aksi Bela Islam 4 November mendapat bayaran Rp 500 ribu. (Baca: Temuan Kasus Baru, Ahok Dilaporkan Lagi ke Bareskrim Polri)

“Hari ini Kamis 17 November 2016 jam kami melaporkan Ahok ke Bareskrim Mabes Polri terkait dugaan tindak pidana fitnah dan penghinaan bahwa sebagian besar Demonstran 411 dibayar Rp 500.000,” kata pembina Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) Habiburokhman saat mendampingi Herdiansyah di Bareskrim, Kamis (17/11/2016), seperti dikutip Detik.

ACTA laporkan Ahok ke Bareskrim
ACTA laporkan Ahok ke Bareskrim (Foto Detik.com)

Menurut pendukung Ahok, kata-kata Ahok dalam video itu hanya mengutip media sehingga tidak bisa dikatakan Ahok menuding atau memfitnah. Anehnya, mereka memperbolehkan Ahok mengutip media (yang artinya memotong berita), sedangkan pada saat yang sama mereka mempersoalkan memotong video.

"video asli durasi 7 menit lebih, dia potong jd 23 detik. dibuat provokatif pula," kata akun Youtube Jason Christian.

"ini dipotong videonya !!!" kata akun Youtube Irma Noor Ilham.

"Pada gagal paham ya? Makanya belajar, biar pinter.. Ahok cuma quote doank, tong," kata akun Youtube Superboi Superblessed.

Di sisi lain, jika benar Ahok mengutip berita dari media, media mana yang dikutip sehingga ada kata-kata “most of them”? Bagaimana pendapat Anda? [Siyasa/Tarbiyah.net]

Video tersebut dan komentar-komentar pendukung Ahok bisa dilihat di https://www.youtube.com/watch?v=z62ZOEa6Xes








Share To:
Magpress

Tarbiyah.net

Tarbiyah.net adalah media Islam yang menyajikan berita nusantara, mancanegara dan dunia Islam serta artikel islami. Memihak kebenaran, memperjuangkan keadilan dan menyebarkan fikrah Islam.

komentar