Recent Posts

FPI: Apa Mau Pendeta Dilaporkan Rame-Rame oleh Umat Islam?

12.27.2016
Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab
Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab




Langkah Pimpinan Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PP PMKRI) melaporkan Habib Rizieq Syihab disikapi serius oleh Front Pembela Islam (FPI).

DPP FPI menjelaskan, apa yang dilakukan Habib Rizieq tidak bisa dikategorikan sebagai penistaan agama karena Habib Rizieq mendakwahkan ajaran tauhid kepada umat Islam di forum yang hanya dihadiri oleh umat Islam.

“Konteks ceramah Habib Rizieq tersebut adalah menjelaskan soal keharaman Muslim mengucapkan selamat Natal. Karena ucapan ini punya konsekuensi pada akidah. Menurut Habib Rizieq, walaupun Natal secara bahasa artinya Hari Kelahiran. Tapi secara Terminologi artinya Hari Lahir Yesus Kristus sebagai Anak Tuhan. Sehingga ucapan "Selamat Natal" berarti "Selamat Hari Lahir Yesus Kristus sebagai Anak Tuhan." Ini haram diucapkan oleh Umat Islam,” terang DPP FPI melalui akun Twitternya, Selasa (27/12/2016).

“Dalam tabligh itu pula, Habib Rizieq menjelaskan kepada Umat Islam yang hadir, bagaimana cara menjawab jika dapat ucapan "Selamat Natal" dari Umat Kristiani,” tambahnya.

Jawabannya, menurut Habib Rizieq, adalah Surat Al Ikhlas ayat 3: lam yalid wa lam yuulad (Dia tidak beranak dan tidak diperanakkan).






DPP FPI menambahkan, penjelasan Habib Rizieq tersebut disampaikannya dalam kapasitas sebagai ulama Islam, dalam forum pengajian yang dihadiri oleh umat Islam pula.

“Lantas kenapa Mahasiswa Katholik tetiba menuduh Ulama Islam yang dakwahkan ajaran agama kepada umatnya sendiri sebagai penistaan?! Jika begitu, nanti Pendeta yang ajarkan tentang dogma Anak Tuhan kepada Umat Kristiani, bisa juga dianggap penistaan oleh Umat Islam. Kacau tidak?!” tandasnya.

“Apa mau pendeta-pendeta dilaporkan rame-rame oleh Umat Islam, karena dituduh ajarannya menista Islam?! Tentu itu tidak kita inginkan. Bisa kacau semua,” tegas DPP FPI.

Seperti diberitakan sebelumnya, Imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab dilaporkan ke Polda Metro Jaya, Senin (26/12/2016) atas tuduhan penistaan agama Kristen. (Baca: Habib Rizieq Dilaporkan ke Polisi atas Tuduhan Penistaan Agama Kristen)

"Pada ceramah beliau di Pondok Kelapa pada tanggal 25 kemarin yang menyatakan bahwa 'Kalau tuhan itu beranak, terus bidannya siapa?' dan di situ kita temukan banyak gelak tawa dari jemaat terhadap apa yang disampaikan dari Habib Rizieq tersebut. Jujur sebagai Ketua Umum PP-PMKRI, kami merasa terhina, merasa tersakiti dengan ucapan yang disampaikan oleh Saudara Habib Rizieq Shihab ini," kata Ketua Umum PP PMKRI Angelo Wake Kako, Senin (26/12/2016). (Baca: Ternyata Kata-Kata Ini yang Paling Dipersoalkan PMKRI dari Ceramah Habib Rizieq) [Ibnu K/Tarbiyah,net]






47 komentar:

  1. Lha terus maunya gimana? Apakah habieb harus bilaang bahwa Tuhan itu beranak? Trus apakah semua umat Islam juga akan dilaporkan dengan alasan penistaan agama? Karena setiap malam kami selalu menyebutkan bahwa Tuhan itu Allah yang Esa, tempat bergantungnya segala sesuatu, tidak beranak dan tidak diperanakan, tidak ada satupun yang serupa denganNya. Habieb Rizieq mengatakan Tuhan tidak beranak karena memang ada didalam kitab suci umat Islam "Alquran" bahkan yang mengatakan Tuhan beranak di Alquran disebutkan sebagai kafir. Trus bagaimana jika sebaliknya, para pendeta dan juga orang kristen secara keseluruhan dilaporkan ke polisi karena telah melakukan penistaan terhadap Alquran dengan mengatakan Tuhan mempunyai anak? karena di dalam alkitab, tidak ada satu ayatpun (yg secara nyata/tidak ambigu) yang mengatakan Tuhan mempunyai anak, atau yesus anak Tuhan, atau Tuhan anak... jadi mereka mengada-ada, mengatakan yang tidak ada di kitabnya.. Umat Islam tidak pernah mempersoalkan hal tersebut, karena punya prinsip "UNTUKMU AGAMU, dan UNTUKULAH AGAMAKU".. Kita bersaudara sebangsa dan se tanah air, kita bertetangga, jadi kita bergaul lah yang baik, saling menghormati "selama itu tidak menyangkut hal ibadah".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengikut Yesus, mengimani bahwa Allah menjelma menjadi manusia, karena Allah adalah ROH yang Kudus bias menjadi apa saja dan menciptakan apa saja maka diimani sebagai Sang Maha Kudus, Sang Maha Pencipta dll dalam berbagai ungkapan untuk mengaggungkan nama Tuhan sang pemilik Jagad Raya dan seisinya, jadi sudahlah sebagai bangsa yang cerdas harus paham itu, kalau ungkapan itu masing masing tidak usah saling menghina, mengejek, dan untuk masalah natal , memang kita tidak tahu persis kapan Yesus lahir, seperti contoh orang jaman dahulu tidak punya akte lahir, akhirnya tanggal lahir di akte dikira kira saja, selanjutnya orang lain kan tahunya yg ada tertera di akte atau ktp, apakah tidak boleh bila ada orang memberi selamat ulang tahun sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan ? mohon direnungkan, jadilah bangsa yang cerdas dan arif bijaksana, jangan mudah di propaganda dan di adu domba, jadi pada poinya, mereka yang berpikiran begitu sangat dangkal pemahamanya dan hanya berani teriak teriak , mari kita semakin cerdas dalam menafsirkan scara mendalam, jangan untuk menyerang agama lain dengan penafsiran yg salah, Bersatu atas nama umat Sang Pencipta dunia dan sisinya Allah maha besar......Bangsa Indonesia yang bersatu

      Hapus
  2. Itulah bukti ketidaktahuan dan membabibuta dalam beragam. Tidak berpegang pada sejarah asli, sebaliknya menerima semua dogma yang dibuat dari perubahan para pendetanya. Tidakkah mereka mempelajari bahwa 25 Desember adalah tanaggal lahir dewa matahari yang diakui sebagai lahirnya Yesus oleh pendeta Yunani pada masa itu untuk kepentingan kerajaan.
    Kembalilah ke perjanjian lama, maka kalian akan menemukan kesamaan dalam ajaran Islam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini masuk pasal penistaan agama bro waspadalah2 wkwkwkwwkwk

      Hapus
    2. @indra dilaporin saja kalo menurut anda begitu, kan bisa dipertanggung jawabkan anda sendiri, jangan cuma koar2 habis itu suruh orang lain yg laporin.

      Hapus
  3. ini bukanlah kesalahan agama, tapi ini kesalahan manusia dalam menerjemahkan agama.

    BalasHapus
  4. Sudah pada gede kali ya kita kita, jadi berfikirlah kalau di dalam Kapal Alam ini punya lebih dr SATU nahkoda,gimana jadinya isi kapal/alam ini,lihat aja contoh di anggota MPR & DPR aja sering gontok gontokan cari pembenaran atau kebenaran

    BalasHapus
  5. Ini suatu bentuk penebar kebencian maka harus d tangkap ni org.klo bung tito mendakwah habib berarti memukul generang perang antar agama,klo sperti itu kami jg sbgai umat islam merasa tersakiti dan terhina oleh oleh pendeta bahwa tuhan pnya anak itu menistakan agama islam.mw gmn jd nya klo seperti ini.bs ancur nkri,jgn krn mw membalas dendam krn seorang nasroni di tuntut hukum oleh org islam.skrg pendeta membabi buta itu akan merugikan agamamu sendiri dan menghancurkan nkri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang dipermaslahkan adalah unsur pidana BIDANNYA SIAP? Dalam bahasa hukum ini mengandung unsur penistaan.ingat NKRI bukan hanya milik Islam saja....tapi milik seluruh bangsa indonesia.rizieq harus kesatria menghadapi ini....jangan seenak mulutnya saja

      Hapus
  6. Pahami dulu gimana proses yesus bisa disebut jadi anak allah,lagi pula mau anak allah atau bukan gak masalah ya jelas dia mengajarkan auatu ajaran yang baik, selalu mengajarkan kedamaian, dalam perintahnya. Apa salahnya kalau orang nasrani mengikuti ajaran jesus / isa almasih, toh di salah satu daei 10 tanda kiamat adalah turunnya isa almasih.. Kenapa yang tueun bukan nabbi yang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Krn ummat nasranilah pd wkt it pd masa itu yg terbesar secara kualitas n kuantitas (maaf) penyimpangannya dari ajaran yg asli.n justru itu menunjukkan besarnya kasih syg Allah terhadap kalian para ahli kitab.n insya Allah saat itu kami n kalian byk yg dipersatukan Allah dlm Islam..aamiin

      Hapus
  7. Ini bukan tentang perbedahan agama... Riziek ngomong tentang kelahiran Jesus seperti bahan lelucon... "Bidannya siapa?"
    Buat apa dia nanya itu? Gak perlu!
    He turned the birth of Christ into a joke!

    BalasHapus
    Balasan
    1. bro silahkan lihat postingan salah satu dsini sudah masuk pasal penistaan agama silahkan dilaporkan kepolisian jangan lupa di screeshot en dicari ip addressnya wkwkwkwk

      Hapus
    2. kalian ini lucu ya... habib riziek itu dakwah agama sesuai yg tertulis di Al Quran bukan mengada2 dan bicaranya pun untuk umat islam, kenapa kalian yg sewot!!! kalau ga ada salahnya jangan dicari2 toh!!! dengan adanya pelaporan ini yg melapor jadi terlihat bodoh (mengusik2 agama orang/apa bedanya sama kasus almaidah 51) beriman saja nggak tapi mengusik agama orang lain.

      Hapus
    3. @indra kenapa bukan situ sendiri yg laporin? Kan lebih tau situ letak "penistaan"nya

      Hapus
  8. mahasiswa kurang kerjaan,...kurang pr,...jadi bloon,..wk.wkkk

    BalasHapus
  9. Habib rizieq kan cuman tanya? Pelecehannya dimana... kalau merasa terhina, monggo dijawab bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini bukan penistaan agama tapi pencemaran nama baik, harusnya bapak atau anaknya yang lapor

      Hapus
  10. Kadang sy berfikir tuhanya aja ga diikutin apa lg cuma manusia yg ngomong....
    Contoh suruh disunat tp masih banyak yg kagak
    Disuruh jgn mabok malah rata2 mereka suka....
    Kaga beres....
    Di suruh jgn makan babi malah dia bilang hewan kaki 4 saya makan.....pikirdah

    BalasHapus
  11. FPI kenapa ngomongnya ngawur dan ngelantur kemana2 nyebut pendeta2? Hadapilah PMKRI itu secara gentle sesuai hukum, FPI vs PMKRI saja, Harus fokus jangan ngelantur kemana2 jangan ngawur, selesaikan dulu satu kasus, nanti kesannya seperti gemar membalas dendam lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bro ada beberapa postingan disini yang mengina agama anda sudah masuk pasal penistaan agama mau dialporkan kepolisaan langsung aja bro

      Hapus
    2. @Indra kenapa bukan situ sendiri yg laporin?

      Hapus
  12. PMKRI jangan hanya nguping, lain kali ikut habib ceramah biar paham tu !!

    BalasHapus
  13. FPI jangan bawa2 pendeta dong...FPI yang makan nangka jangan sebarin getah ke yang lain...sampe bawa2 pendeta ga ada hubungannya...fokuslah hadapi PMKRI secara hukum...biarkan data2 dan UU yg bicara..krn baru kali ini ada PMKRI di Indonesia sejak merdeka dgn gagah berani mengadukan perkara ini.

    BalasHapus
  14. Ini yang gagal total pahamnya. PMKRI itu produk penjajah bangsa indonesia..ko bisa ya gagah berani ??? emang PMKRI itu pejuang bangsa Indonesia...coba pegang dengkul deh trus pikirin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang lagi Natalan diusik dgn statement begituan...ga salah jg sih coba dulu lapor pake UU itu...Indonesia kan negara hukum...senjata makan tuan...hehehe...ternyata UU ini powernya besar jg ya...bisa aja org rekam toa jumatan dari rumah yg selalu dikumandangkan scr umum utk menghina agama minoritas...kalo suara lepas dari toa (itukan jadi konsumsi umum) jadi malah dilapor...pasti akan banyak org melapor mulai dari sekarang...hiks : )

      Hapus
  15. Ini aja deh baca... sampai selesai di baca ya. Biar sadar.


    https://lm.facebook.com/l.php?u=https%3A%2F%2Fwww.google.com%2Furl%3Fsa%3Dt%26source%3Dweb%26rct%3Dj%26url%3Dhttp%253A%252F%252Fkebenarantersembunyi.blogspot.com%252F2009%252F04%252Fpribadi.html%26ved%3D0ahUKEwjP9KbV6PzQAhXLLo8KHdc6AYgQFggZMAA%26usg%3DAFQjCNGdh8lnV7khRr1x1wyJbmpxCZBTKw%26sig2%3DRk5uy9OyYABwZPGVU4Jxnw&h=SAQGxLDda&enc=AZP4ob4lKL9tRe-xc3RO3Fvoan4RwyBu_v_MXnRidSFk08oDhqdWXOJ6WDnITT_m0C8&s=1

    BalasHapus
  16. Ini aja deh baca... sampai selesai di baca ya. Biar sadar.


    https://lm.facebook.com/l.php?u=https%3A%2F%2Fwww.google.com%2Furl%3Fsa%3Dt%26source%3Dweb%26rct%3Dj%26url%3Dhttp%253A%252F%252Fkebenarantersembunyi.blogspot.com%252F2009%252F04%252Fpribadi.html%26ved%3D0ahUKEwjP9KbV6PzQAhXLLo8KHdc6AYgQFggZMAA%26usg%3DAFQjCNGdh8lnV7khRr1x1wyJbmpxCZBTKw%26sig2%3DRk5uy9OyYABwZPGVU4Jxnw&h=SAQGxLDda&enc=AZP4ob4lKL9tRe-xc3RO3Fvoan4RwyBu_v_MXnRidSFk08oDhqdWXOJ6WDnITT_m0C8&s=1

    BalasHapus
  17. https://lm.facebook.com/l.php?u=https%3A%2F%2Fwww.google.com%2Furl%3Fsa%3Dt%26source%3Dweb%26rct%3Dj%26url%3Dhttp%253A%252F%252Fkebenarantersembunyi.blogspot.com%252F2009%252F04%252Fpribadi.html%26ved%3D0ahUKEwjP9KbV6PzQAhXLLo8KHdc6AYgQFggZMAA%26usg%3DAFQjCNGdh8lnV7khRr1x1wyJbmpxCZBTKw%26sig2%3DRk5uy9OyYABwZPGVU4Jxnw&h=SAQGxLDda&enc=AZP4ob4lKL9tRe-xc3RO3Fvoan4RwyBu_v_MXnRidSFk08oDhqdWXOJ6WDnITT_m0C8&s=1

    BalasHapus
  18. https://lm.facebook.com/l.php?u=https%3A%2F%2Fwww.google.com%2Furl%3Fsa%3Dt%26source%3Dweb%26rct%3Dj%26url%3Dhttp%253A%252F%252Fkebenarantersembunyi.blogspot.com%252F2009%252F04%252Fpribadi.html%26ved%3D0ahUKEwjP9KbV6PzQAhXLLo8KHdc6AYgQFggZMAA%26usg%3DAFQjCNGdh8lnV7khRr1x1wyJbmpxCZBTKw%26sig2%3DRk5uy9OyYABwZPGVU4Jxnw&h=SAQGxLDda&enc=AZP4ob4lKL9tRe-xc3RO3Fvoan4RwyBu_v_MXnRidSFk08oDhqdWXOJ6WDnITT_m0C8&s=1

    BalasHapus
  19. “Lantas kenapa Mahasiswa Katholik tetiba menuduh Ulama Islam yang dakwahkan ajaran agama kepada umatnya sendiri sebagai penistaan?! Jika begitu, nanti Pendeta yang ajarkan tentang dogma Anak Tuhan kepada Umat Kristiani, bisa juga dianggap penistaan oleh Umat Islam. Kacau tidak?!” tandasnya.

    “Apa mau pendeta-pendeta dilaporkan rame-rame oleh Umat Islam, karena dituduh ajarannya menista Islam?! Tentu itu tidak kita inginkan. Bisa kacau semua,” tegas DPP FPI.

    hahahaahah wwkwkwkwkwwk
    apa yang mau dilaporkan kalau pendeta kami mengajarkan Yesus itu adalah Tuhan?
    itu urusan kami,, dan kami memang benar2 Yakin Yesus adalah TUhan
    kecuali kami memaksakan ajaran kami kepada ANDA
    dan jelas sudah salah ANDA mengajarkan kepada umat anda yang seharusnya bukan urusan agama ANDA!!!! ajarkan lah umat anda tanpa membawa2 kepercayaan agama lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebentar lagi kalian semua, yaitu segala umat akan mengetahui hal yang pasti dan benar dengan hati kalian sendiri tanpa penjelasan dari siapa pun,sebagai mana yang kita alami sekarang kenapa terjadinya huru hara di Indonesia.

      Hapus
    2. Makany jgn ikutin pendeta...ikutin yesus...yesus disunat ente kaga...ga blh mnm mnman keras ente minum...ga blm makan babi ente makan...yg ngikutin ajaran yesus ente ap ane org muslim..??..lagian di kitab ente jg jelas...yesus adapah nabi yg diutus sm Allah SWT...sm spy Nabi Muhammad...

      Hapus
    3. Buka mata anda pendeta Saefudin Ibrahim terus menerus menghina Islam dan nabi Muhammad di youtube, umat Islam selalu bersabar tp sekarang kaulah yg cari gara2 sudah sepantasnya dilaporin juga silakan bela dia.

      Hapus
  20. Awalnya bilang jgn ganggu agama lain beribadah tp endingnya ngeledek. Perlukah kata2 itu muncul? Panutannya aja tidak menghargai agama lain, apalagi pengikutnya.. jd tidak usah terkejut kalo mereka merasa tidak ada yg salah. Orang mati, lapornya sendiri2.. jd ngga usah kepo.. orang ngga ganggu jg.. diri sendiri aja masih ngga jelas masuk surga apa ngga. Sadar.. tingkah lakumu jd santun apa jd kayak arogan gara2 dengerin dakwah HR..

    BalasHapus
  21. Saling lapor aja biar rame...
    Polisi jg harus nangkap seluruh ulama, kiyai, ustadz, para imam yg berdakwah atau berkhotbah yg mengatakan Allah itu Tuhan yg Esa, tdk beranak & tdk diperanakan.

    Begitu pula umat muslim melapor para pendeta/pastor utk di tangkap krn menyebut Yesus anak Tuhan & Tuhan itu Yesus (TuhanYesus), serta para pendeta menghina umat islam yg menyebutkan"Yang tidak percaya Tuhan Yesus..." adalah DOMBA"TERSESAT.disini umat islam dianggap setara HEWAN.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sebutan kita kan kafir ahli kitan dll apa ga kaya hewan juga tuh wkwkw

      Hapus
    2. bingung kah... pake konsep ini : Tuhan Islam dan Kristen tuh beda... jadi jgn merasa berhak urus agama orang. gitu aja kok repot...
      kalo ajaran kaum muslim Tuhan tidak beranak, silahkan.... dakwahkan saja....
      tapi jangan kemudian menghina Tuhan orang Kristen (Yesus, bukan Isa lho).... sekali lagi beda... sumbernya (Kitab Suci) saja sudah beda... tolong jangan disamakan... pake konsep itu... sama seperti umat muslim tidak mau disama-samakan dengan nasrani, begitu juga sebaliknya... keduanya berangkat dari sisi fundamental yang berbeda...

      Hapus
  22. Semua pemimpin agama memang harus ditangkap! Lalu diberi pencerahan untuk saling toleransi satu sama lain supaya mindset mereka berubah bukan untuk memikirkan pertentangan agama, melainkan bersatu dan memikirkan nasib bangsa ini. Kalau konflik agama terus berlangsung di negara ini dan sudah menjadi image internasional, bagaimana turis asing akan tertarik berwisata ke Indonesia? Bagaimana investor asing mau masuk ke Indonesia? Bagaimana rupiah mau menguat? Kapan ya bisa beli barang murah di negara sendiri, kapan ya bisa ada kemudahan buat visa sebagai orang Indonesia, kapan ya standar gaji di Indonesia bisa tinggi, kapan ya bisa dengar orang asing bilang wow terhadap kemajemukan bangsa Indonesia? sigh..

    BalasHapus
  23. Coba deh bang habib menanyakan kepada Maryam, siapakah bidan Yesus (isa)??

    Maryam:19
    Ia (jibril) berkata: "Sesungguhnya aku ini hanyalah seorang utusan Tuhanmu, untuk memberimu seorang anak LAKI-LAKI YANG SUCI".

    BalasHapus
  24. Berpikirlah 2 arah sebelum mengeluarkan ucapan. Itu lah pertanda kebijakan seseorang. Kl kita tidak mau di sakiti jangan menyakiti oranglain. Masih banyak bahan yang bisa di jadi kan topik ceramah daripada meribut kan keyakinan oranglain. Kita tidak perlu meributkan sekte& reinkarnasi karena itu bukan ranah keyakinan kita. Lebih baik memberi ceramah yang menginteospeksi kekurangan sikap umat kita sendiri daripada sibuk memberi ceramah untuk menjelekkan agama lain.Itu sama saja dengan bergosip yg tidak ada guna nya. Bukan kah menggosip pun adalah dosa? Tidak setuju dengan keyakinan yang tidak mampu anda pahami bukan berarti anda berhak menuding keyakinan oranglain. Kalau agama lain tidak mau meributkan keyakinan agama anda, bukan berarti agama anda yang paling benar. Tapi justru itu lah pembuktian iman umat agama lain mampu bersikap lebih bijak dan dewasa dalam menyikapi perbedaan.

    BalasHapus
  25. komenter bro& sis .. semua koplak ....???

    BalasHapus
  26. Liat aja nanti di akhir jaman bahwa saat nabi Isa.As diturunkan lg sm Allah SAW akan menjelaskan kepada pengikutnya sebenarnya dia siapa. Tunggu saja smpai dia turun kl kalian masih punya umur.

    Wallahualam.

    BalasHapus
  27. si Habib seenaknya sendiri menafsirkan Kitab Suci agama lain.Coba kalau sebaliknya ??? bagi umat Kristiani, Allah itu memang ESA dan TIDAK BERANAK. Lho koq begitu ? makanya belajar dari sumber yang kredibel,bukan dari sumber yang penuh kebenciandan tidak mengerti Alkitab.

    BalasHapus
  28. Jadi menurut logika media ini, menghina dan menista agama lain boleh2 saja asal diforum dan kalangan sendiri walaupun disebar via youtube?..okey,nanti suatu saat akan ada 'tanggapan' yg 'mirip' tp jgn marah yaaaa..sungguh sangat 'rahmattan lil'alamin' bgt habib ini,

    BalasHapus
  29. welcome to indonesia, dimana agama dipermainkan dan dipermasalahkan :v Riziq kek Ahok kek, seharusnya kalian dapat melihat hal yg positif yg mereka sampaikan, Ahok berkata seperti itu gx bermaksud menghina agama islam dan hanya meluruskannya, Riziq bilang gitu hanya untuk membimbing pengikutnya, kalian tw siapa yg salah? yg salah adalah kalian yg mempersalahkannya, Tuhan gx perlu dibela, lu tinggal ikuti perintahnya, Tuhan bisa bela diri sendiri dy adalah yg maha esa, yg mengolok ngolok juga akan kena nanti, lu bicara tuhan kitab tuhan dan kitab , lu tinggal ikutin, jgn usik satu sama lain, Indonesia bro, kita indonesia, didalamnya ada keberagaman, bisa gx hargai satu sama lain? gx bisa? pecah aja negara ini jadi beberapa bagian, pecah indonesia bro, Islam dipindah ke ujung timur, kristen dan katolik di barat, hindu di utara, budha diselatan, selesaikan? hilangkan nama indonesia, hancurkan dan pecahkan negara ini jika agama terus terusan dijadiin alesan utk dendam, hilangkan nama Indonesia, buat negara khusus agamamu, wahai penganut agama

    BalasHapus