Recent Posts

Soal Kebiasaan Pakai Sepatu, Ahok: Ayah Saya Dulu Ikut Belanda

12.16.2016
Ahok ziarah
Foto Kompas
Terkait foto bersepatu saat ziarah ke makam ibu angkatnya, Ahok menjelaskan bahwa ketika ziarah bersama keluarga angkatnya yang muslim, ia melepas sepatu. Sedangkan jika ziarah sendirian, ia tetap memakai sepatu.

"Demi menghormati kalau sama kakak keluarga yang muslim saya lepas sepatu. Kalau enggak sama kakak saya yang muslim, sori saya pakai sepatu, pakai sandal," kata Ahok di Rumah Lembang, Jakarta Pusat, Jumat (16/12/2016), seperti dikutip Detik.

Ahok beralasan melepas sepatu untuk menghormati keluarga angkatnya yang muslim. Namun ketika tidak bersama keluarga angkatnya yang muslim, ia tetap memakai sepatu dengan alasan dokter memintanya memakai sepatu karena pada kuburan di Jakarta terdapat urine-urine tikus.






"Dokter saya minta pakai sepatu, urine-urine tikus sori ini kuburan di Jakarta," kata Ahok.

Sembari berkelakar, Ahok mengaku terbiasa memakai sepatu sejak kecil karena ia lahir dari keluarga yang berkecukupan.

"Saya kecil tidur pakai sepatu piyama, sepatu, jas dari kecil. Sori saya bukan miskin-miskin amat. Sepatu kickers dulu paling top ayah saya beli lusinan. Soalnya ayah saya dulu ikut Belanda lo," kata Ahok.

Sebelumnya, beredar foto Ahok berziarah ke makam ibu angkatnya Misribu Andi Baso Amier binti Acca, di TPU Karet Bivak, Jakarta. Foto yang diambil Kompas pada 16 Juni 2016 itu menunjukkan Ahok bersepatu saat ziarah.

Ahok dinilai berbohong karena pada sidang perdana, Selasa (13/12/2016) lalu, ia mengatakan tidak mengenakan sepatu atau sandal demi menghormati tradisi keluarga. (Baca: Bukti Telak Kebohongan Ahok di Sidang Perdananya)

"Sampai sekarang, saya rutin berziarah ke makam Ibu angkat, di Karet Bivak. Bahkan saya tidak mengenakan sepatu atau sendal saat berziarah, untuk menghargai keyakinan dan tradisi orang tua dan saudara angkat saya itu," kata Ahok sebagaimana dilansir oleh Republika, Selasa (13/12/16). [Ibnu K/Tarbiyah.net]