Recent Posts

Mengapa Situs Aa Gym Diblokir? Ini Jawaban Menkominfo di ILC

1.17.2017
Menkominfo dan Aa Gym (ilustrasi)
Menkominfo dan Aa Gym (ilustrasi)




Malam ini, Indonesia Lawyer Club (ILC) kembali tayang di TvOne. Mengambil tema “Hoax versus Kebebasan Berpendapat”, program ini banyak menarik perhatian. Khususnya saat Presiden ILC Karni Ilyas menanyakan terkait pemblokiran media Islam.

“Katanya, Aa Gym itu, media online-nya sudah di-ban. Ketika dia protes, disadari bahwa ia tidak perlu diban dan kemudian diijinkan lagi?” tanya Karni Ilyas kepada Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara.

“Di kami ada proses normalisasi, Bang Karni. Jadi kita ini, menapis ini, bukan hanya menghukum tapi bisa kita gunakan sebagai proses pendidikan. Edukasi,” jawab Rudiantara.

Ia mencontohkan, kalau ada situs dengan 100 konten tetapi hanya satu atau dua konten yang bertentangan dengan undang-undang, Kemkominfo akan bicara baik-baik.






“Turunkan dong, take down kontennya. Kemudian nanti jangan lagi ya. Kalau janji jangan lagi, kita bisa normalisasi. Kecuali melakukan lagi berkali-kali baru kita blok permanen.”

“Terkait dengan Aa Gym, memang kami lakukan itu (pemblokiran, red). Tapi setelah itu kami juga normalisasi. Karena kan kami juga mendapatkan masukan mengenai situs-situs tersebut dari kementerian atau lembaga yang lain.,” lanjut Rudiantara.

Mendengar jawaban itu, Karni Ilyas mengklarifikasi apakah ada kekeliruan saat memblokir situs Aa Gym.

“Saya harus percaya kepada kementerian atau lembaga yang punya otoritas. Kami tidak perlu mempertanyakan lagi dong,” jawab Rudiantara.

Seperti diketahui, menjelang Aksi Bela Islam 4 November 2016, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) memblokir 11 situs dengan dalih bermuatan SARA. Salah satu situs yang diblokir adalah smstauhiid.com yang merupakan situs milik KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym).

Setelah Aa Gym menyampaikan protes, situs tersebut kemudian dinormalisasi oleh Kemkominfo. [Ibnu K/Tarbiyah.net]






52 komentar:

  1. Waduh kayaknya org2 ini juga pecundang ahok.....jawabnya sdh berbelit2 ..... ahoker

    BalasHapus
  2. permisi, saya ingin memasang iklan di http://www.tarbiyah.net/
    apa anda menyediakan space untuk iklan?

    jika anda menyediakannya , silahkan hubungi kami di ulatbulu1355@gmail.com untuk informasi lebih lanjut.

    terima kasih

    BalasHapus
  3. Astagfirullahaladjim...
    Betul betul pemerintahan sekarang ini menggunakan logika muka tembok.

    BalasHapus
  4. Astagfirullahaladjim...
    Betul betul pemerintahan sekarang ini menggunakan logika muka tembok.

    BalasHapus
  5. Waduh...Pak Menteri Maaf , Ga nyambung tuh jawabanya....

    BalasHapus
  6. "Mengapa Situs Aa Gym Diblokir? Ini Jawaban Menkominfo di ILC"-> kalau di dalam dunia internet marketing ini istilahnya : "misleading information", termasuk hoax juga. karena title dengan isinya beda...

    http://www.tarbiyah.net -> next....

    BalasHapus
  7. sudah kelihatan, pemerintahan anti ajaran islam. mereka pikir mereka akan abadi jadi pemerintah. kalau ulama akan abadi eksistensinya dunia akhirat demi umat.

    BalasHapus
  8. Sebagai bentuk wajah yg benci Islam, da takut kehilangan jabatan sebagai menteri.

    BalasHapus
  9. kok koyok e luwung jaman e SBY Yo

    BalasHapus
  10. Intinya MENKOMINFO terima order untuk tutup situs2 Islam yg membahas perkara yg HAQ(kebenaran)di negeri yg mayoritas muslim ini..sudah selesai titik jgn dibuat bertele2 lah !!! bapakkan cuma pemimpin setingkat menteri apalagi anda muslim, klo tidak ada order mana mungkin berani !!!!

    BalasHapus
  11. Makin terang benderang mau di bawa kmana bangsa ini. Mudah2an ga terulang masa kelam era '65. Saya Cuma bisa berdoa mudah2an para ulama dan habaib msh mo bersuara walau terus menerus di fitnah dan di sudutkan. Amin YRA

    BalasHapus
  12. Aa Gym Sindir Akhlak Jokowi Padahal Sendirinya Bobrok

    Saya agak tergelitik dengan tweet Aagym. Sumpah, ini tweet paling absurd yang pernah saya baca. Niatnya jelas menyerang Jokowi baik sebagai Presiden Indonesia. Sebab kerja, kerja, kerja merupakan tagline pemerintahan kabinet kerja. Jadi kalau kemudian Aagym menyebut persis 3 kali, lalu menambahkan dengan harus akhlaq, akhlaq, akhlaq, itu pasti Aagym dalam posisi menyalahkan Presiden Jokowi. Sekali lagi ini pasti.

    Pertanyaannya kemudian, relevankan tweet Aagym dengan kondisi Indonesia atau dengan posisi Jokowi sebagai Presiden negeri ini? Mari kita analisa dari kacamata Iwan Fals sebagai musisi legendaris dan yang kerap hasilkan lagu-lagu kritis.

    Salah satu lagu Iwan Fals yang rilis pada tahun 2004, Manusia Setengah Dewa, mampu menjawab tweet Aagym di tahun 2016. Artinya, Aagym mengeluhkan sesuatu tapi Iwan Fals sudah menjawabnya 12 tahun yang lalu. Ini entah Aagym nya yang salah jaman atau Iwan Fals yang terlalu cerdas, yang itu silahkan pembaca seword simpulkan sendiri. Dan sebelum melanjutkan bahasan ini lebih jauh, mungkin ada baiknya kita baca liriknya sambil bernyanyi.

    Wahai presiden kami yang baru

    Kamu harus dengar suara ini

    Suara yang keluar dari dalam goa

    Goa yang penuh lumut kebosanan



    Walau hidup adalah permainan

    Walau hidup adalah hiburan

    Tetapi kami tak mau dipermainkan

    Dan kami juga bukan hiburan



    Turunkan harga secepatnya

    Berikan kami pekerjaan

    Pasti kuangkat engkau

    Menjadi manusia setengah dewa



    Masalah moral masalah akhlak

    Biar kami cari sendiri

    Urus saja moralmu urus saja akhlakmu

    Peraturan yang sehat yang kami mau



    Tegakkan hukum setegak-tegaknya

    Adil dan tegas tak pandang bulu

    Pasti kuangkat engkau

    Menjadi manusia setengah dewa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih buta sma keadaan indonesia bung???...indonesia sdh hancur sejak junjunganmu joko jd prestol!!! Anda waras??

      Hapus
    2. penggemar berat JKW neh...

      Hapus
  13. Melihat tahun rilisnya, 2004, maka jelas Iwan Fals ingin memberikan lagu tersebut kepada SBY karena pada dia menjadi Presiden yang baru. Pesan dalam lagu tersebut sangat jelas, Iwan Fals menginginkan Presiden menurunkan harga, membuka lapangan pekerjaan, peraturan yang sehat, adil dan tegas. Sementara soal moral, akhlak dalam lagu tersebut sangat jelas “biar kami cari sendiri.” Maksudnya tak akan minta contoh dari Presiden Indonesia. Rakyat Indonesia bisa cari moral dan akhlak ke tokoh agama masing-masing atau sosok selain Presiden.

    Lagu “Manusia Setengah Dewa” ini masih sejalan, atau bisa juga lanjutan dari lagu “Bento” yang juga menyindir soal moral dan akhlak. Mari kita nyanyi lagi:

    Obral soal moral, omong keadilan, sarapan pagiku

    Aksi tipu-tipu, lobi dan upeti, woo jagonya

    Maling kelas teri, bandit kelas coro, itu kantong sampah

    Siapa yang mau berguru, datang padaku, sebut 3 kali namaku

    Bento bento bento.. asik..

    Banyak orang kemudian menyimpulkan bahwa lagu ini untuk Soeharto, karena bento berarti benci Soeharto. Dalam liriknya jelas membahas maling-maling tapi obral moral.

    Iwan Fals tahun 2004 sudah lelah menunggu pemimpin yang mau bekerja. Bukan yang pamer soal moral dan omong kosong. Karena sudah puluhan tahun rakyat diberi obral moral dan omong kosong keadilan, padahal mereka hanyalah maling dan bandit.

    Lagu Iwan Fals rilis tahun 2004, baru 10 tahun kemudian muncullah Jokowi dengan seruan kerja, kerja, kerja. Bekerja untuk memenuhi seluruh tuntutan yang dibutuhkan oleh rakyat Indonesia. Meskipun di sisi lain Presiden juga menunjukkan akhlaq yang luar biasa.

    Jadi kalau sekarang Aagym menyindir akhlak, akhlak, akhlak, ini jadi sangat absurd. Sindirannya sudah kadaluarasa, sebab 12 tahun lalu sudah dijawab oleh Iwan Fals. Sementara soal akhlak, coba berikan saya satu saja akhlak Presiden Jokowi yang tidak sesuai dengan ajaran Islam. Satu saja. Kalau jawabannya Presiden tidak berakhlak karena tidak menemui pendemo lalu disimpulkan menistakan ulama, anda harus baca artikel Pakar Mantan yang ini: https://seword.com/sosbud/jokowi-menistakan-ulama-yang-bilang-biadab-kurang-ajar-iblis-setan-dajjal/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tn. Ivan leobiz yth,
      Saya mau tanya...
      Dimana anda melihat akhlak seorang AA Gym, yg menurut anda kurang patut di contoh. Thx.
      Salam damai

      Hapus
    2. Dan sekarang mana suara Iwan Fals yg hebat itu saat keadaan hari ini jauh lebih buruk dari masa2 sebelumnya?

      Hapus
  14. Itu dari kacamata Iwan Fals untuk menjawab Aagym. Seharusnya Aagym yang merupakan tokoh agama dapat memberi contoh akhlak yang baik bagi rakyat Indonesia. Bukannya malah mencontohkan akhlak buruk dengan kawin cerai.

    2006 lalu Aagym menikah lagi dengan Teh Rini, poligami. Pada tahun 2011 Aagym bercerai dengan istri tuanya, Teh Nini. Kemudian 2012 menikahi kembali Teh Nini.

    Jika yang melakukan kawin cerai adalah artis, politisi atau Presiden sekalipun, itu tak terlalu jadi soal. Tapi kalau tokoh agama, apa kata dunia? Bagaimana mungkin tokoh agama yang tau tentang agama kemudian membuat keputusan-keputusan yang halal namun paling dibenci Tuhan?

    Selain itu, poligami Aagym tidak seperti poligami yang dilakuan oleh Rasulullah. Aagym menikahi “daun muda” yang jauh lebih ehem ehem. Rasulullah melakukan poligami setelah Khadijah istrinya meninggal dunia. Rasulullah sempar jadi duda selama 4 tahun sebelum menikah lagi dan poligami.

    Dari catatan poligami Rasulullah, hampir semua istrinya merupakan istri-istri sahabat yang wafat di medan perang. Hanya Aisyah yang menyandang status gadis, dinikahi saat berusia 9 tahun namun baru bersama setelah cukup umur. Tujuan Rasulullah SAW menikahinya adalah untuk mendekatkan hubungan dengan keluarga Abu Bakar (yang merupakan sahabat utama Rasulullah SAW dan merupakan khalifah pertama setelah Rasulullah SAW meninggal).

    Poligami ala Rasulullah dan ala artis atau Aagym sangat jauh berbeda. Poligami di jaman sekarang sudah sangat mengedepankan hawa nafsu. Bahkan hanya nafsu ehem ehem.

    Nah kalau Aagym mau agar pemimpin atau Presiden tidak cukup kerja, kerja, kerja, mungkin Aagym sadar bahwa dirinya sebagai tokoh agama sudah tak mampu memberikan contoh akhlak yang baik.

    Tapi sebenarnya Aagym tak perlu terlalu risau, masih banyak kyai NU dan Muhammadiyah yang moral dan akhlaknya bagus. Kyai-kyai yang tak memiliki argo atau tarif untuk setiap ceramahnya seperti Aagym. Kyai-kyai yang tak bernafsu untuk menikahi daun muda yang masih semlohai, semox dan licin untuk jadi istri kedua atau ketiga.

    Jadi, sudahlah nyinyir pada bukan zamannya, akhlaknyapun jauh lebih buruk dari yang disindir. Minimal sampai detik ini Presiden Jokowi setia dengan Bu Iriana dan belum ada tanda-tanda segera menikahi Isyana atau Raisha.

    Begitulah kura-kura.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bro klo ga salah zaman sekarang ini perempuan lebih banyak daripada laki2...sedangkan perempuan itu udah qodratnya ingin segera menikah,kira2 apa solusinya?
      Emangnya bisa dibandingkan kelebihan yg diberikan Allah kepada Rasulullah dengan kita di zaman sekarang ini...klo emg Allah menjodohkan AA Gym dengan istri2nya itu trus kita mau protes??

      Hapus
    2. Sdh panjang2 komen, eh.. Gak nyambung. #Gagalpaham ente!!

      Hapus
    3. ivan loebiz (lobang bisul) ini manusia gagal paham bro komennya bocah...otaknya kecil berkudis lagi...

      Hapus
    4. Bang,apa yg dilakukan Aa Gym tak lepas dari keterbatasannya sbg manusia biasa.Tapi kalau hal itu menghalangi kita dari menerima kebenaran ceramah2nya yg diambil dari sumber2 yg hak itu bencana besar buat kita.Ingat kata orang bijak "dengarlah apa yg dikatakan,jangan siap yg mengatakan".

      Hapus
  15. Komentar Ivan Lobis tidak relevan dan merasa seperti benar sendiri....
    Kalau mau berkomentar yg baik harus bereferensi secara global...bukannya bereferensi dg menjelekan Seseorang yg digunakan sbg tameng utk membela diri...sangat tdk nyambung.
    Coba kalau berfikir Jangan KERDIL / PICIK !!!
    Lihatlah dampak kebijakan yg dibuat pemerintah Jokowi thd Rakyat yg mengakibatkan banyak Rakyat sengsara...
    Baru memimpin 2tahun Hutang Negara bertambah 900 Trilyun Lebih hampir sama kenaikannya pd saat SBY memimpin selama 10 tahun,
    Sekarang kemana-mana serba tdk aman,
    Baru kali ini setelah Jokowi Memimpin...Negara gaduh diberbagai sektor ,baik politik ,Ekonomi,Keamanan dikkarenakan Kebijakan yg spektakuler tidak pro Rakyat Kecil tetapi hampir semua kebijakan Pro Rakyat Menengah Keatas....sementara Rakyat Kecil Cuma Menonton ,Pengangguran makin meningkat dan sekarang hutang dibebankan kpd Rakyat Kecil dg menaikan secara Mendadak Listrik,pajak,BBM
    Apa ini yg dinamakan Jokowi setia pd Rakyat....Memang dia setia ,tapi pd Rakyat mana ??? YG Jelas sekarang Rakyat Kecil MAKIN SENGSARA !!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dimana tidak relevannya, saya tidak merasa benar sendiri, justru portal tarbiyah ini yang merasa benar sendiri dan sok suci.

      Dijaman presiden mana rupanya masyarakat hidupnya senang tidak sengsara, tolong tunjukkan, malahan Jokowi adalah penangggung beban presiden terdahulu,

      Kamu kalau tidak punya bukti, jangan asal ngomong, tolong tunjukkan Hutang Negara Bertambah 900 Trilyun, tampilkan datanya disini.

      Situs ini tidak netral, banyakan bohongnya

      Hapus
  16. Gak ada gunanya debat mereka yg munafik dan kafir yg gak senang ama islam, krn mereka akan tetap kpd kemunakan dan kekafirannya...yaaa doakan aja..org2 munafik itu mendapatkan hidayah...Aamiin....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu menuduh orang munafik dan kafir, apa sudah ngaca diri, orang yang dengan mudahnya mengatakan orang lain kafir, justru dialah yang sebenarnya kafir dan munafik

      Hapus
  17. Gak ada gunanya debat mereka yg munafik dan kafir yg gak senang ama islam, krn mereka akan tetap kpd kemunakan dan kekafirannya...yaaa doakan aja..org2 munafik itu mendapatkan hidayah...Aamiin....

    BalasHapus
  18. Seharus nya seorang ulama bila komentar menyejukan, bukan membuat masalah. Lebih baik menilai diri kita sendiri sebelum menilai orang lain.

    BalasHapus
  19. Perang komen lagi... Komen2 skrg pada nyulut api mulu...

    BalasHapus
  20. Perang komen lagi... Komen2 skrg pada nyulut api mulu...

    BalasHapus
  21. Om Bredel Om.....
    Uda ketakutan banget sampai-sampai bredel situs islam

    BalasHapus
  22. Unknown yang idiot kamu tidak usah komen, kamu ini manusia radikal jadi menghalalkan segala cara, kasihan ibu yang melahirkan kamu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tn Ivan leobiz yth,
      Maaf sekiranya dr saudara" kami yg membalas komentar anda kurang berkenan.. tp maaf anda belum faham betul atas kronologi itu semua. Klo ada berfikir secara logika gk bisa di terapkan. Tp klo anda sudah paham pasti anda akan mengerti. Thx... barrakallahu fi kum.

      Hapus
    2. Apa sih yg dipahami lobiez..cuma penilaian satu disi..lebih cenderung ke pembelaan golongan/kelompok..tanpa berfikir universal anda tak akan pernah mengerti..salam persaudaraan..

      Hapus
  23. Ivan loebiz biasa ajha ... santai... bro :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya kalau komen jangan pakai kata-kata kotor dan tidak bermoral supaya tidak dihujat balik.

      Hapus
  24. betul betul betul comentnya kaya anak ingusan bro kata SBY gak santun apalagi jawabannya !

    BalasHapus
  25. apalagi bawa-bawa IBU segala apa kamu gak punya ibu? hanya punya bpk kali.

    BalasHapus
  26. Yg sabar saudaraku, sabar.. Jgn terprofokasi. Semua penilaian, serahkan serahkan pribadi masing2. Komen jelek ataupun fitnah, dosa d tanggung sendiri. Assalamualaikum wr wb.

    BalasHapus
  27. Justru kalian yang seperti anak ingusan, menilai hanya dari satu sisi dan pro kepada kelompok radikal dan intoleran, yang ingin memeceh belah kedamaian di bumi indonesia, tapi mau gimana lagi kalau otaknya sudah penuh dengan kebencian dan dipenuhi faham radikal kan tidak bisa berpikiran jernih.
    Jangan kalian pikir hanya kalian yang beragama islam, saya juga beragama islam, tapi tidak mau berpikiran picik, radikal dan intoleran, saya umat islam yang cinta damai, tetapi tidak menjadikan agama untuk dipolitisasi
    Kalian tebang pilih, tidak jujur dan gagal faham, saya katakan saya bukan orang jakarta, tidak juga kenal Ahok dan tak ada untungnya bagi saya, mau ahok menang atau kalah peduli amat, yang saya sampaikan kepada kalian semua, agar kalian adil dan berimbang untuk menyerang Ahok karena kalian tidak bisa membuktikan dia korupsi kalian serang atas nama agama, kalau kalian jujur dan berimbang, tolong jawab :
    Desmon Mahesa menyepelekan Muhammad, kalian diam
    Habib Rizieq bilang dibohongi pake Al Quran, kalian tak ada reaksi, padahal ucapan nya sama saja dengan ucapan Ahok.
    Banyak orang menggadaikan ayat-ayat Alquran untuk pesugihan, untuk penglaris, menipu orang dengan menjual ayat-ayat Alquran, kenapa kalian diam seribu bahasa, kenapa kalian bungkam, mereka menista ayat dan Al Quran, mengapa mereka tidak kalian demo dan laporkan polisi.

    Kalian tidak adil berat sebelah dan disinilah standar ganda dan kemunafikan kalian tunjukkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ivan leobiz yth... saudara seiman...

      Knpa anda terlalu emosional.. bukan kah semua argumentasi yg di dasari emosi sama juga bisikan syaitan. Dan yg dibahas juga di sini masalah akhlak seorang AA Gym. . Knpa anda lari kemasalah ahok

      Ok klo anda ingin mempertanyakan masalah tulisan Al Qur'an yg di jadikan jimat atau pesugihan itu hanya opini anda saja.. klo anda melihat dengan pasti dan jelas mana ada ayat suci Al Qur'an sebagai pesugihan. Tolong anda cermat lagi

      Dan untuk masalah Habib rizieq atau ulama" yg lain itu, merekalah adalah guru" kita para penyelamat agama Allah.

      Sekarang saya tanya pada anda?
      Sebagai seorang muslim anda pasti bisa membaca Al Qur'anul karim.. walau tidak faham artinya.. tp siapa yg mengajari anda ????
      Pasti para guru. ..
      Dan siapa yg mengajari guru???
      Pasti guru besar. .. tolong jangan ada perselisihan dengan seiman yg ada juga saling mengingatkan, meluruskan.. barrakallahu fi kum

      Hapus
    2. Ivan leobiz yth... saudara seiman...

      Knpa anda terlalu emosional.. bukan kah semua argumentasi yg di dasari emosi sama juga bisikan syaitan. Dan yg dibahas juga di sini masalah akhlak seorang AA Gym. . Knpa anda lari kemasalah ahok

      Ok klo anda ingin mempertanyakan masalah tulisan Al Qur'an yg di jadikan jimat atau pesugihan itu hanya opini anda saja.. klo anda melihat dengan pasti dan jelas mana ada ayat suci Al Qur'an sebagai pesugihan. Tolong anda cermat lagi

      Dan untuk masalah Habib rizieq atau ulama" yg lain itu, merekalah adalah guru" kita para penyelamat agama Allah.

      Sekarang saya tanya pada anda?
      Sebagai seorang muslim anda pasti bisa membaca Al Qur'anul karim.. walau tidak faham artinya.. tp siapa yg mengajari anda ????
      Pasti para guru. ..
      Dan siapa yg mengajari guru???
      Pasti guru besar. .. tolong jangan ada perselisihan dengan seiman yg ada juga saling mengingatkan, meluruskan.. barrakallahu fi kum

      Hapus
  28. Sdr. Aghasta
    AA Gym kan turut sebagai pendemo Ahok, Ulama tugasnya menyejukkan dan memberikan solusi bagi umat, bukan memperkeruh suasana.

    Anda bilang opini semata, apakah anda tidak membaca setiap harinya, berseliweran iklan-iklan untuk penglarisan, untuk pesugihan, kekayaan, susuk, dll, semuanya mengaku guru spiritual, kyai dll, dan amalannya pastilah ayat Alquran, mengapa ini kalian diamkan, tidak kalian demo dan laporkan.

    Ini salah satu contoh ayat-ayat Al quran yang dijadikan pesugihan, agar anda tahu ini bukan sekedar opini :

    Ayat 1000 Dinar, Pesugihan al-Qur’an
    mengapa ini tidak kalian permasalahkan, demo dan laporkan

    Saya tidak mencari perselisihan, justru kalian yang kalian yang mengaku beriman tetapi gampang men judge orang lain.

    Kita belajar kepada ulama, tetapi ulama yang mana, kalau ulama tapi memprovokasi, apakah pantas kita ikuti, tanya hatimu yang paling dalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ivan leobiz yth
      1. Yg anda masalahkan susuk jimat. Itu dalam dalam islam juga hukum udh musyrik.. karena menduakan Allah

      2. Yg anda sebut kyai itu siapa???
      Anda jangan salah arti.

      3. Dalam ayat" Al Qur"an juga banyak ayat lain yg menyebutkan ttg bagaimana kita supaya dapat rezeki dg ridho Allah...
      Seperti contoh kita gk sanggup menghadapi suatu masalah karena mungkin terjepit ekonomi,Dua ayat terakhir dalam surat Al Baqarah tersebut tidak lain adalah firman-Nya:

      آَمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ آَمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

      لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ


      “Rasul telah beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al Qur’an) dari Rabbnya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): “Kami tidak membeda-bedakan seseorang pun di antara rasul-rasul-Nya”, dan mereka mengatakan: “Kami dengar dan kami taat.” (Mereka berdoa): “Ampunilah kami ya Rabb kami dan kepada Engkaulah tempat kembali.”

      Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): “Ya Rabb kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami salah. Ya Rabb kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Rabb kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.” (QS. Al Baqarah: 285-286)

      4. Mengenai ulama yg anda bicarakan... ini adalah karena sudah sejak lama ada rasa tidak suka dengan mereka yg sudah tertanam. Dalam konteks nya ada sudah tidak sepaham. .. maka dari itu anda seharusnya memahami itu.. semoga anda bisa mengerti dengan penjelasan ini..
      Maaf bulan arti kata saya menggurui.. karena saya juga masih belum dan juga masih awam.. masih banyak yg saya perlu pelajari ttg akidah agama saya sebagai muslim... barrakallahu fi kum

      Hapus
  29. Ya justru itu yang saya herankan kepada kalian, mereka yang mengaku-ngaku kyai, dan jelas-jelas telah menggunakan ayat-ayat Alquran untuk mengambil keuntungan, apakah mereka tidak menista Ayat Alquran, kalau menista mengapa tidak kalian demo, tidak laporkan, mengapa kalian tebang pilih, kalau kalian mau bela islam, mengapa disaat islam dilecehkan oleh mereka yang mengakui sebagai kyai dan menjual ayat-ayat Alquran kalian diamkan, sehingga sampai saat ini puluhan bahkan ratusan orang yang melakukannya bebas beraktifitas.

    Saya katakan, jangan setiap ulama dan kyai anda anggap sudah benar dan harus dihormati, harus anda lihat track record ulama tersebut, jangan anda sama ratakan.

    Saya banyak bersimpati kepada kyai dan ulama, yang memang benar-benar menyejukkan hati dan memberikan rasa damai.

    Anda tidak perlu menggurui saya karena pikiran anda sempit, jadi susah untuk menerima kebenaran yang hakiki

    BalasHapus
  30. hutang sudah 4rb triliun, blm lg dana haji mau ada dipakai buat infastruktur, belum lg bandara di medan mau dijual k negara asing, blm lg kilang minyak jg mau d jual k negara asing.
    hadehhhh... habis dah banda rakyat indonesia.

    BalasHapus