Recent Posts

Mengapa Raja Salman Bawa Tangga Pesawat Hingga Mobil Pribadi? Jawabannya Ada di Hadits Ini

2.27.2017
Raja Salman disambut Perdana Menteri Datuk Seri Najib Tun Razak
Raja Salman disambut Perdana Menteri Datuk Seri Najib Tun Razak (Sinarharian)




Raja Salman akan berkunjung ke Indonesia pada 1 Maret mendatang. Dikabarkan, Raja Salman akan membawa banyak fasilitasnya sendiri sebagaimana kunjungan hari ini di Malaysia. Mulai dari pesawat, tangga pesawat hingga mobil pribadi.

Mengapa demikian?

Irfan Noviandana memberikan analisanya berbasis komitmen Raja Salman dalam mengamalkan ajaran Islam. Seperti diketahui, di antara maksud kunjungan Raja Salman adalah menanamkan investasi atau memberikan pinjaman/hutang.

Dalam Islam, tidak boleh ada riba. Termasuk fasilitas kendaraan gratis dari orang yang berhutang.

Berikut ini tulisannya seperti beredar di Facebook dan WhatsApp Group:

Saya jadi teringat hadits larangan mengambil manfaat lebih atau fasilitas dari seseorang yang kita berikan hutang, walaupun sekedar menumpang pada kendaraannya.






Diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

إذا أقرض أحدكم قرضا فأهدى له أو حمله على الدابة فلا يركبها ولا يقبله

“Apabila kalian menghutangkan sesuatu kepada orang lain, kemudian (orang yang berhutang) memberi hadiah kepada yang menghutangi atau memberi layanan berupa naik kendaraannya (dengan gratis), janganlah menaikinya dan jangan menerimanya.” (HR. Ibnu Majah 2526)

Kaidah muamalahnya begini:

"Setiap pinjaman yang menghasilkan manfaat adalah riba."

Apa karena status Raja Salman pemberi hutang dan Pemerintah Indonesia yang mengutang jadi rombongan kerajaan tidak menggunakan berbagai fasilitas dari Pemerintah RI.

Sebagaimana disampaikan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, kedatangan Raja Salman ini diantaranya untuk membantu Indonesia dengan investasi dalam pembangunan infrastruktur yang bakal mencapai US$ 25 Miliar atau setara Rp 332,5 Triliun.







11 komentar:

  1. Berita2nya bagus sih tapi melihat iklannya sepertinya sangat besar dosanya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iklan itu dari google. Apapun iklan yang keluar itu tergantung apa yang sering di cari oleh pengguna gadgetnya. Kalo pengguna gadgetnya sering search yg negatif ya iklannya pasti keluar negatif. Jadi berbeda beda iklan yg keluar tergantung penggunanya...

      Hapus
  2. Berita2nya bagus sih tapi melihat iklannya sepertinya sangat besar dosanya.....

    BalasHapus
  3. Fokus ke britanya.. ambil mnfaatnya abaikan yang gak pnting!! Slsai ursan.

    BalasHapus
  4. Kok pada ngomongin iklan? Mana sih iklan disini page bersih tanpa iklan Asus Zen 6

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, disini malah iklannya hijab syar'i sama gamis indonesia, ga ada yg negatif tuh...!?

      Hapus
  5. Aku gak lihat iklan bro, mAaf

    BalasHapus
  6. Maksud aku di hapeku gak muncul iklaaaan hehehe ndak tau kenapa, mungkin keblok aplikasi

    BalasHapus
  7. Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Jika ya! Kontak Ocean Keuangan dan Mortgages Terbatas ®for jumlah pinjaman kecil dan besar. Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2%. Hubungi kami hari ini melalui e-mail di oceanfinance459@gmail.com Kami juga memberikan dari. £ 5 ribu Pounds untuk 100 juta Pounds untuk individu dan perusahaan, kredit adalah terbuka untuk semua terlepas dari kebangsaan.

    BalasHapus
  8. Halo, saya bernama BAMBANG LARRY. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya secara finansial tegang, dan karena putus asa, saya telah scammed oleh beberapa lender online. Aku hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal bernama HARTFORD FINANCIAL SERVICE yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp600.juta dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 1.5%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena itu saya berjanji saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan setiap pinjaman apapun, menghubunginya via email nya: hartfordfinancialservice@gmail.com
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya burgerlarry22@gmail.com.
    Sekarang, semua saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekeningnya bulanan.

    BalasHapus