Recent Posts

Ade Armando: Hadits Tak Bisa Dianggap sebagai Hukum yang Harus Dipatuhi

4.17.2017
Ade Armando bicara hadits




Di tengah-tengah pembelaan Ade Armando terhadap Ahok, netizen dikejutkan dengan pernyataan kontroversial terkait hadits Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Dosen UI itu menyebut, hadits tidak bisa dianggap sebagai hukum yang harus dipatuhi.



Lalu ia pun memberikan contoh puluhan hadits yang ia tolak dengan alasan menggelikan, diskriminatif, mendorong kekerasan dan melecehkan ilmu pengetahuan.

“Sebagian di antaranya, nampak menggelikan. Misalnya saja, apa salahnya makan dengan tangan kiri dan masak sih hanya setan yang makan dengan tangan kiri? Atau juga, masak sih malaikat tidak suka pada anjing dan gambar?” tulis Ade melalui situs Madina Online, 8 April 2016 lalu, yang dishare kembali oleh netizen sehingga menjadi perbincangan hangat.






“Sebagian lainnya bahkan mendorong kekerasan dan penindasan hak asasi manusia. Misalnya saja soal hukuman mati bagi mereka yang murtad...” imbuhnya.

Lantas Ade pun menegaskan bahwa sunnah dan hadits bukan hukum melainkan sekedar rujuan.

“Yang ingin saya katakan, Sunnah dan Hadis bukan hukum, melainkan sekadar rujukan, panduan, atau bahkan catatan sejarah yang sebagian isinya diragukan kebenarannya,” tandasnya.

Ade pun mencontohkan bahwa hadits makan dengan tangan kanan hanya kebiasaan Nabi.

“Jadi kalau Nabi makan dengan tangan kanan, ya, itu sekadar kebiasaan Nabi. Bahwa Nabi mengatakan bahwa setan makan dengan tangan kiri, ya, bisa saja sekadar metafora, atau bercanda atau bahkan mungkin saja sebenarnya Nabi tidak pernah mengatakan begitu tapi ada orang yang mengira Nabi mengatakan itu atau bahkan mungkin juga ada orang yang sengaja berbohong tentang ucapan Nabi itu,” kata salah seorang yang ditokohkan JIL itu. [Ibnu K/Tarbiyah.net]






14 komentar:

  1. dosen gila alias pisikopat

    BalasHapus
  2. Malu UI punya dosen kyk bgini nih

    BalasHapus
  3. Oooo begini muka calon neraka
    Ga ganteng tuh

    BalasHapus
  4. kapan modar nya orang ini, jijik banget lihatnya

    BalasHapus
  5. Org yg memandang gunung dari jauh tapi menjelaskannya spt pernah mendaki gunung. Orang bodoh jadi dosen, mahasiswanya ikut. Haadeeuuh.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju.. Kalau dia Muslim, perlu ditarbiyah kembali. kalau bukan?.. berarti ini juga PENISTAAN untuk kesekian kalinya

      Hapus
  6. Ya wajar saja orang gak punya iman jadi omongannya sekehendak nafsunya. Positif terkena pemyakit al wahn

    BalasHapus
  7. Malu-maluin almamater aja nih orang...

    BalasHapus
  8. orang ini memang selalu mengukur agama dengan logikanya. Dulu cita-citanya pengen jadi Tuhan, sayang belum kesampaian. Saya do'akan Pak Ade, Good Luck

    BalasHapus
  9. hampir semua hipotesanya menggunakan kalimat mungkin.... maka bisa diyakini bahwa tori mas armando tidak ilmiyah. kalau dia benar dia akan menggunakan rujukan utama al qur'an, perlu diingat ayat Allah yang menerangkan bahwa segala yang keluar dari ucapan Rasul Muhammad saw. Bukan dorongan kepentingan dan hawa nafsu, akan tetapi murni ilham dan wahyu dari Allah swt. Allah swt. Berfirman dalam Al Qur’an al Karim
    “wama yantiqu anil hawa in huwa illa wahyun yuha” (QS. An Najm: 3). Kasihan sekali bang Armando ini...

    BalasHapus
  10. kalo saya justru omongan loe yang gak ada manfaatnya.apalagi untuk dijadikan referensi..

    BalasHapus
  11. Dosen yang tidak berilmu ini kok bisa ngajar di UI ya? Begonya kebangetan.
    Dia makan tangan kiri? Tangan kiri buat cebok. Habis cebok makan?

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus