Recent Posts

Nasyid “Kobarkan Semangat Indonesia” Contek Lagu Israel? Ini Jawabannya

4.07.2017
Kobarkan Semangat Indonesia




Nasyid “Kobarkan Semangat Indonesia” yang digunakan PKS pada Pemilu 2014 dan kini digunakan kampanye Anies-Sandi dipersoalkan. Di media sosial, muncul tuduhan dari Ahoker bahwa lagu itu mencontek lagu Israel berjudul Hashem Melech.

Melengkapi tuduhan itu, mereka pun menyertakan bukti bahwa lagu Israel itu lebih dulu dirilis yakni pada awal 2013.

Benarkah nasyid Kobarkan Semangat Indonesia mencontek lagu Israel Hashem Melech tersebut?

Sumber Tarbiyah.net pun memberikan informasi asal-usul nasyid Kobarkan Semangat Indonesia.

Nasyid yang menjadi lagu utama kampanye PKS pada Pileg 2014 itu memang bukan aransemen buatan PKS sendiri. Lagu itu dibawakan oleh Shoutul Harokah dan liriknya juga dari Shoutul Harokah. Namun aransemen lagu itu beli. Lagu aslinya adalah C’est la vie yang diproduksi oleh RedOne, sebuah produser Maroko-Swedia dan dinyanyikan oleh Khaled. Lagu ini menjadi hit pada musim panas 2012. Lagu ini memiliki dua versi bahasa yakni Arab dan Prancis.



Karena aransemen-nya yang bagus, lagu C’est la vie banyak diadopsi di negara lain. Di antaranya adalah AKP (Partai Keadilan dan Pembangunan) Turki.






PKS juga menggunakan aransemen C’est la vie dengan lirik Shoutul Harokah dan jadilah nasyid Kobarkan Semangat Indonesia yang dipersiapkan menjadi lagu utama kampanye Pileg 2014.





Nah, ternyata, lagu C’est la vie juga diadopsi musisi Israel Gad Elbaz menjadi lagu Hashem Melech yang dirilis pada 27 Januari 2013 lalu pada tahun 2016, diluncurkan lagi dengan judul Hashem Melech 2.0 bersama rapper Nissim. [Ibnu K/Tarbiyah.net]






8 komentar:

  1. Emang beneran nyontek ternyata.. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu namanya beli license bloon

      Hapus
    2. Woiii anjing2 liberal @Anonim vs @Anonim

      Hapus
  2. Ya intinya nyontek..

    BalasHapus
  3. Ah, paling juga bohong lagi, bilangnya beli, dasar partai penipu. Katanya anti aseng, agama saja impor, lagu juga impor, tipu melulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang kalo bebal mau dijelasin apa juga pasti ngeyel. Namanya juga bebal. Bisanya komen pake anonim. Ga ngerti beli license, dijelasin. Abis itu bilang bohong kalo beli. Ckckck... segitu bebalnya.

      Hapus
    2. sama kaya orang yahudi (musisi israel gad elbaz), beli lisensi (itu juga kalo beli) alias gak kreatif, ga berkarya sendiri.. memalukan!
      orang kalo bego dan bebal ga ngerti beli lisensi itu sama saja tidak berkarya.. ya sama juga nyontek/jiplak dengan modal (beli lisensi). tolol.. #MIKIR PAKE OTAK!

      Hapus
  4. Yang jelas sich malu... Wkwkwk... Tuduhan salah tetap gak mau kalah, ya tetap aja ngeluarin kata2 bodoh... Yg namanya jiplak kan gak resmi, kalo beli ya sah atas perjanjian boleh menggunakan dan tidak menyalahi hak yg punya lagu :D Yang namanya dengki ya SAKIT...

    BalasHapus