Recent Posts

Heboh PayTren Haram, Ini Tanggapan Ustadz Yusuf Mansur

5.02.2017
paytren haram? ini tanggapan ustadz Yusuf Mansur
paytren haram? ini tanggapan ustadz Yusuf Mansur




Baru-baru ini, media sosial diramaikan dengan beredarnya beberapa video dari sejumlah Ustadz yang mengatakan PayTren haram. Di antaranya adalah Dr Erwandi Tarmizi penulis buku Harta Haram Muamalat Kontemporer dan Ustadz lainnya.

“Afwan Ustadz, pertanyaan ana, bagaimana hukum dari Paytren yang terkenal sekarang ini?” tanya salah seorang peserta kajian kepada Dr Erwandi Tarmizi.

“Haram,” jawab Dr Erwandi Tarmizi. “Cukup? Haram. Karena tukar uang dengan uang”

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa maksud tukar uang dengan uang adalah, seseorang yang daftar Paytren bayar Rp 3,5 juta karena iming-iming ingin mendapatkan bonus Rp 100 juta.

“Untuk program ini, uang kepesertaannya yang paling murah sekitar Rp 3.500.000,- Padahal produk yang sama dari perusahaan yang lain bisa gratis. Tapi bedanya yang ini, yang bayar 3.500.000, ada iming-iming Rp 100 juta. Pada level sekian bonus Rp 100 juta, pada level sekian bonus 200 juta, level sekian 500 juta, level sekian 1 milyar ditambah rumah mewah.”



Pada video yang lain, seorang Ustadz menyebut PayTren haram karena ada unsur ghoror.






“Karena pasar dia (Paytren) bukan layanan pembayaran tapi pasar dia adalah dapat downline. Semakin banyak downline yang ia dapatkan, semakin besar peluang untuk mendapatkan bonus. Jadi dia membeli untuk mencari peluang pasar bukan membeli untuk jasa pembayaran. Makanya kita tidak rekomendasikan karena Paytren itu jual beli gharar. Jual beli gharar. Dan ghararnya sangat jelas,” tandasnya.



Video di atas juga digabungkan dengan tanggapan Ustadz Yusuf Mansur yang menjelaskan bahwa tujuan PayTren adalah mempermudah pembelian pulsa, pembayaran listrik dan lainnya. Ia mencontohkan, salah seorang Ustadz yang mengharamkan PayTren pernah bingung sewaktu turun dari pesawat karena belum isi pulsa. Lalu Ustadz Yusuf Mansur pun mengisikan pulsa melalui PayTren.

Mengenai komisi yang didapatkan karena mengajak downline, Ustadz Yusuf Mansur menganalogikan dengan marketing. Perusahaan konvensional memiliki anggaran marketing agar produknya terjual. PayTren menggunakan anggaran itu untuk diberikan kepada pengguna PayTren yang telah berhasil mengajak orang lain menggunakan PayTren.

Ustadz Yusuf Mansur juga menjelaskan bahwa PayTren bukanlah money game karena produk PayTren jelas. Baik beli pulsa, membayar rekening listrik maupun telepon, semuanya jelas.

Meskipun demikian, Ustadz Yusuf Mansur juga membuka diri jika ada masukan terkait PayTren yang didirikannya, [Ibnu K/Tarbiyah.net]






47 komentar:

  1. Banyak yang mengatakan Paytren haram jadi ragu kalau mau daftar

    BalasHapus
  2. Beneran nih paytren haram padahal produk umat

    BalasHapus
  3. 1. Anggota yg baru masuk min harus bayar 350.000. Dri 350rb itu upline dapat 100rb. Pdhl produk paytren blm bs digunakan sblm deposit. Ingat...uang 350rb itu hanya pendaftaran. Uang itulah yg dipakai buat bayar upline 100rb .
    2. Kalau sistimnya memakai kaki kanan dan kaki kiri downlinenya harus sama ,itu sama saja dg money game.

    Saya kira sdr ust yusuf mansyur harus belajar dan bersihkab hati jangan sampai bisnis ini dibalut dgn agama sehingga nampak indah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Upline dpt 100rb dr mana bang ?

      Hapus
  4. Maaf sebelumnya, saya masih banyak belajar, tapi alangkah baiknya sblm tau masalahnya, tabbayun dulu atau cari informasi dulu.. Satu dulu saya jawab, uang 350rb itu bukanlah uang pendaftaran, tapi uang utk beli nomor lisensi, spt kita beli lisensi windows jika ingin instal di pc... Dari sini saja sudah keliru pemahamannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seandainya saya punya produk dan saya jual juga lisensinya dan saya mau jual tapi saya gak pake sistem rekrut2 downline dan gak ada iming2 bonus kecuali fee dari menjual lisensi yang nominalnya sudah saya tentuin, apa sampean mau masarin lisensi produk saya ??

      Hapus
    2. orang beli lisensi windows krn butuh windowsnya. Lha orang bayar utk paytren, apalagi yg beli sampai banyak lisensi bukan karena pengen aplikasinya, tapi pengen bonus besarnya. Ngapain coba HP cuma 1 tapi beli lisensi sampai 7 wkwkwk... Mengada-ada alasannya

      Hapus
    3. lisensi :D
      itu hanya kamuflase
      mirip dulu MMM yg skrg hancur
      niatnya jga baik "MEMBANTU"
      tpi endingnya jga brantakan

      Hapus
    4. Untuk aplikasi berbayar hampir semuanya gratis, cuma baayar beaya data. Fungsinya pun sama harga bersaing. Kembali kepada niat

      Hapus
  5. Kenapa bisnis model begini gak ilang2 ya? Malah ustadz yg melakukannya...dulu juga ada satu ustadz yg menggunakan cara ini untuk meramaikan usahanya.Bisnisnya sih memang ada, tapi bisnisnya menggunakan cara piramida..yg paling atas untung, yg paling bawah cuma gigit jari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagi2 karena jualan mimpi. Tanpa jual mimpi ya mana ada yg mau byar 350rb dapat aplikasi android. Padahal aplikasi sejenis yg gratis buanyak dan malah lebih canggih dan lebih lengkap fasilitasnya

      Hapus
    2. @mentoringcafebisnis, boleh saya tau apa aplikasi Android atau Iphone yang lebih canggih dan lengkap dari Paytren dan bisa dapat selisih margin dari pembeliannya...?.

      Hapus
    3. @Renal Hidayat
      Aplikasi yang sejenis dengan paytren dgn harga pulsa lebih murah,
      dipakai sendiri lebih hemat, dijual lebih untung. namany"bebas bayar" sama bisa bayar listrik, bpjs, cicilan motor/mobil, tiket, dll.. DAFTARNYA GRATISSS, untuk aktifkan account cuma deposit 10rb yg langsung bisa ditransaksikan pulsa. Saya buka loket dirumah dapat penghasilan tambahan jutaan.
      Ini linknya silahkan daftar http://www.bebasbayar.com/12448630

      Hapus
  6. Ada teman yang nawarin daftar paytren, setelah banyak yang sebut paytren haram jadi ragu. Lebih baik nggak daftar

    BalasHapus
    Balasan
    1. @muslim, daftar BebasBayar aja yuk.. Aplikasi gratis, harga pulsa lebih murah contoh harga pulsa three10 cuma 10.300
      Bisa rekrut downline, tidak jg tidak apa2 yg penting pulsa lebih murah! Klik disini untuk daftar daftar disini

      Hapus
  7. Jangan asal jeplak haram pakai dulu baru mengerti apakah di sana ada jual beli uang dapat uang ? paytren itu menjual jasa dan yang paling murah itu 25 ribu yaitu KP25 (losensi sebagai pemakai) bukan 3,5 jt. Ada juga 350 rb yaitu full lisenai jika kt memberi tahukan ke teman aku dapat komosi. Mohon maaf bila salah maklum aku orang awam cuma sepantasnya lah perusahaan membayar komosi dari hasil keringat penjualan lisensi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembali pada niatnya masing masing om

      Hapus
    2. Makanya baca dan telaah, contohnya dan buktinya sudah banyak. Saya pernah bergabung dalam Chip Sakti, sama-sama untuk bayar-bayar dan beli pulsa, token, dan voucher game. Tapi ga ada tuh bayar lisensi dan uang pendaftaran. Sudah ada 5 perusahaan yang sudah pernah daftar, dan 1 nya yaitu Paytren yang mengenakan biaya lisensi (embel-embel), dan saldo yg didapatkan cuma 15rb, mau buat apa?
      Perusahaan yang lain juga pakai modal buat membangun usaha dan jaringan, tp masih masuk akal karena tanpa biaya pendaftaran, dan minimal 50rb sudah bisa jualan pulsa.
      Masih mau bilang Paytren lebih baik?
      Jujur saya nyesel ikut paytren, preeettttt!!!

      Hapus
  8. Begini kalau misalkan paytren digunakan sebagai alat bayar seperti PPOB pada umumnya. maka menurut saya tidak akan ada perdebatan soal ini. Lain halnya saat ini paytren membuat sistem downline, artinya mayoritas yang ikut paytren kemungkinan besar hanya fokus pada bagaimana memperbanyak downline. Coba kalau digaris bawahi bahwa paytren hanya alat untuk mempermudah pembayaran kebutuhan seperti listrik, pulsa, dll yang ikut turut membantu ekonomi ummat. tentunya saya kira ummat tanpa sungkan masuk paytren. Wallahu'alam

    BalasHapus
    Balasan
    1. BERAPA HARGA PULSA DI BEBASBAYAR ??
      THREE 10 HARGA Rp10.300
      THREE 25 HARGA Rp25.000
      THREE 100 HARGA Rp49.925
      PAKET KUOTA INTERNET THREE 30GB (20GB 4G) HARGA Rp124.500 MURAHHHH BANGETT!!
      TELKOMSEL 50 HARGA Rp49.650
      TELKOMSEL 100 HARGA Rp97.850
      DAN MASIH BANYAK LAGI NOMINAL PULSA DAN PAKET INTERNET LAIN DARI SEMUA OPERATOR SELULER YANG PASTINYA LEBIH LENGKAP DAN LEBIH MURAHHH..!!!! DITAMBAH LAGI DAPAT CASHBACK DAN KOMISI DARI SETIAP TRANSAKSI.
      CASHBACK HINGGA Rp500 - RP2,400/TRANSAKSI UNTUK PEMBAYARAN LISTRIK TOKEN/TAGIHAN, BPJS, ASURANSI, PDAM, TV KABEL, SPEEDY, CICILAN LAIN.
      DAFTAR BEBASBAYAR SEKARANG DAN JADIKAN PENGELUARAN RUTINMU LEBIH HEMAT DAN BISA DIJADIKAN BISNIS YANG SANGAT MENJANJIKAN!!!

      Silahkan klik dibawah ini untuk mendaftar

      daftar disini

      Atau bisa juga dengan install aplikasi "bebasbayar"di smartphone dan daftar dengan ID_SPONSOR :12448630



      Hapus
  9. Dikit2 haram,dikit2 haram,haram ko' dikit2. Yg jelas2 BANK menganut sistem riba ko' pada mingkem tuch ustadz.

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan cari tanggapan tentang bank ustadz yang anda anggap mingkem itu ... jangan fitnah saudara ...

      Hapus
    2. yang ente bilang mingkem siapa jon?

      cek ceramah ustadz yg lo bilang mibgkem di youtube, et dah..

      Hapus
    3. Bilang haram karena ada alasan dan bukti, jadi bukan asal bilang haram.

      Hapus
  10. Daftar bebasbayar aja, karena harga pulsa lebih murah, dijual lebih untung, dipakai sendiri lebih hemat.. Saya buka loket pulsa, listrik, bpjs, cicilan, dll di rumah. Alhamdulillah dapat penghasilan jutaan rupiah perbulan.

    Install aplikasi bebas bayar sekarang di playstore dan daftar dengan ID_SPONSOR:12448630

    Ada CASHBACK PASTI dari setiap transaksi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atau buka link ini untuk mendaftar http://www.bebasbayar.com/12448630

      Hapus
    2. Atau buka link ini untuk mendaftar http://www.bebasbayar.com/12448630

      Hapus
    3. Daftar BEBASBAYAR aja, aplikasinya GRATIS!! untuk aktifkan account cuma harus deposit 10rb aja dan itupun jadi deposit yg langsung bisa ditransaksikan, bisa dapat CASHBACK hingga Rp2,400/transaksi, MAKIN BANYAK TRANSAKSI MAKIN BANYAK CASHBACK yang didapat!! dan bisa dapat KOMISI yang fair, yaitu komisi didapat apabila downline melakukan transaksi.

      Jenis pembayarannya terlengkap, pulsa, listrik, bpjs, asuransi jiwa, tv kabel, pdam, cicilan kartu kredit/motor/mobil, speedy, dll..

      Harga pulsanya LEBIH MURAH, jadi dipakai sendiri LEBIH HEMAT, dijual LEBIH UNTUNG !!

      Silahkan klik dibawah ini untuk mendaftar

      daftar disini

      Atau bisa juga dengan install aplikasi "bebasbayar"di smartphone dan daftar dengan ID_SPONSOR :12448630

      Hapus
  11. Coba bebas bayar daftar gratis cukup deposit aja ... www.bebasbayar.com

    BalasHapus
  12. Halo kawan kami mengundangmu bergabung dengan OK PULSA, aplikasi payment yang cepat,mudah & murah.dukung aplikasi buatan anak negeri sudah 50 rb pemakai.ayo unduh klik hirn.co/okpulsa2.apk info agenokpulsa.com

    BalasHapus
  13. Halo kawan kami mengundangmu bergabung dengan OK PULSA, aplikasi payment yang cepat,mudah & murah.dukung aplikasi buatan anak negeri sudah 50 rb pemakai.ayo unduh klik hirn.co/okpulsa2.apk info agenokpulsa.com

    BalasHapus
  14. Daftar BEBASBAYAR aja, aplikasinya GRATIS!! untuk aktifkan account cuma harus deposit 10rb aja dan itupun jadi deposit yg langsung bisa ditransaksikan, bisa dapat CASHBACK hingga Rp2,400/transaksi, MAKIN BANYAK TRANSAKSI MAKIN BANYAK CASHBACK yang didapat!! dan bisa dapat KOMISI yang fair, yaitu komisi didapat apabila downline melakukan transaksi.

    Jenis pembayarannya terlengkap, pulsa, listrik, bpjs, asuransi jiwa, tv kabel, pdam, cicilan kartu kredit/motor/mobil, speedy, dll..

    Harga pulsanya LEBIH MURAH, jadi dipakai sendiri LEBIH HEMAT, dijual LEBIH UNTUNG !!

    Silahkan klik dibawah ini untuk mendaftar

    daftar disini

    Atau bisa juga dengan install aplikasi "bebasbayar"di smartphone dan daftar dengan ID_SPONSOR :12448630

    BalasHapus
  15. Enjoy aja yang udah pakai Paytren, mau di bilang haram lah atau apaalah ndak usah bingung, cool be kalemers... semua indah pada waktunya, Inysa Allah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih enjoy lagi ga pake Paytren karena FULL FREE tanpa biaya lisensi, pendaftaran, dan embel-embel lain, bisa langsung jualan dgn minimal deposit 50rb.

      Hapus
  16. Seru menarik komentarnya semua sy hanya ingin berbagie sy pake paytren lumayan ud masuk 5 tahun, sy pake bebas bayar lumayan, 5 tahun sy pakai semua aplikasi dalam Negeri intinya hanya untuk berbagie informasi. Maaf Lupakan jalan terus, Asal Focus Hasil Lebih, Niatkannsaja jadi saluran berkah buat banyak orang.

    Blogger

    BalasHapus
  17. Gw ralat nih. Sebenarnya produk PayTren halal, yang haram adalah yg bagian cari mitra itu, gw bingung namanya apa, yg iming iming ratusan juta itulah bgain yg haram, intinya aplikasi dan produknya halal.

    BalasHapus
  18. Dari smua info yg saya dapat, bisa saya simpulkan kalau paytren itu sebuah produk(bisa cari sendiri kegunaan paytren) . Cara pemasaran bukan lewat iklan tapi mlalui pengguna/upline yg sudah membeli,, nah karena si Upline sudah memasarkan produknya, biaya yg sharusnya dibayar ke agen iklan diberi ke upline. Ya kali ada org yg mau masarin produk kamu tnpa imbalan. Btw saya bukan pengguna paytren hanya sekedar cari informasi dan berbagi

    BalasHapus
  19. gak perlu pakai paytrend banyak aplikasi dari mulai pulsa sampai ke pembayaran yg lainnya di playstore yg gratis. ngapain beli kalau emang ada yg gratis

    BalasHapus
  20. Kalo Paytren dianggap haram karena tukar uang dengan uang...
    investasi haram juga dnk... kan investasi juga sama kita ngasiin uang demi d olah kemudian uang itu berkembangbiak...
    Indonesia ikutan main begituan... gimana dong ?

    BalasHapus
  21. Saya kira paytren ini bagus karena jelas milik umat Islam. ustadz yusuf mansur juga saya kira tidak sembarangan. jadi yang mengatakan paytren haram harus jelas dalilnya. jika ada kesalahan, lebih baik diperbaiki. tidak justru dimusuhi karena yang akan untung orang kafir jika produk muslim tidak laku

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah paytren sudah mendapatkan sertifikat syariah halal dari DSN MUI. jadi jika ada yg mau debat silahkan saja datang ke kantor DEWAN SYARIAH NASIONAL MAJELIS ULAMA Indonesia 🇲🇨 atau datang ke kantor paytren langsung untung Tabayun......tapi jika ada yg mau daftar silahkan hubungi saya
    Di Whatsup 0877 7631 6164. Salam silaturahmi dan sukses selalu

    BalasHapus
  23. Usaha yang jelas² saja...
    Ga usah ngimpi dapet em,,, eman.
    Yang dapet pastinya yang di atas, yang bawah cuma dapet capenya doang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo gak kerja dpt apa..

      Hapus