Recent Posts

Akui Telah Copas, Afi Minta Maaf: Tolong Hentikan Ini Semua, Saya Kehilangan Teman dan Guru

6.13.2017
Afi Nihaya Faradisa
Afi Nihaya Faradisa alias Asa Firda Inayah (KompasTV)




Afi Nihaya Faradisa akhirnya mengakui bahwa dirinya copas tulisan di akun Mita Handayani. Gadis yang memiliki nama asli Asa Firda Inayah itu pun menuliskan permintaan maafnya secara terbuka meskipun menurutnya hanya copas beberapa paragraf.

Dalam permintaan maaf berjudul “This is May Apology” itu, Afi juga mencurahkan jeritan hatinya. Menurutnya, tiap detik ia menerima pesan bernada sinis hingga ancaman. Ia bahkan telah kehilangan teman dan gurunya.

Afi pun meminta agar semua ini dihentikan, setidaknya saat Ramadhan. Ia ingin bisa beribadah dengan tenang.

Berikut ini tulisan lengkap yang ia rilis melalui akun Facebook pribadinya, Ahad (11/6/2017) petang:

THIS IS MY APOLOGY


Ini adalah permintaan maaf saya, Afi Nihaya Faradisa, pada semua pihak yang merasa dirugikan atas perbuatan saya yang telah mengutip beberapa paragraf untuk dijadikan status tanpa mencantumkan sumber.

Dengan ini saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Benar, saya mencatut atau mengopas beberapa paragraf dari tulisan di akun Mita Handayani dengan menambahkan sendiri beberapa paragraf yang berisi gagasan pribadi, kemudian mempostingnya kembali di akun saya dengan judul "Belas Kasih dalam Agama Kita" pada bulan Mei lalu (dan sampai sekarang tulisan tersebut masih bisa dilihat pada akun saya).

Saya mengakui hal tersebut sebagai sebuah kesalahan. Saya juga tidak akan membela diri dengan mengatakan bahwa Nabi pun juga pernah bersalah, atau mengatakan bahwa saya sama seperti anak 18 tahun di luar sana yang bisa saja melakukan kesalahan.

Sebenarnya, tak seorangpun tahu bahwa saya telah meminta maaf dan berkomunikasi dengan akun Mita jauh sebelum hal ini meledak di media. Saya dan beliau baik-baik saja.

Orang-orang yang sudah lama berteman dengan akun saya ini (dan akun lama saya yang telah deactivated) juga tentunya tahu bahwa jauh sebelum saya viral, saya telah menulis banyak hal.

Dari ratusan tulisan dan beberapa diantaranya yang telah saya post di dunia maya, hanya satu tulisan itulah yang bukan tulisan saya sendiri. Yang lainnya, termasuk tulisan berjudul WARISAN yang membuat saya viral adalah tulisan saya sendiri dan bukan hasil copas tulisan orang.




Mengapa orang-orang sulit sekali percaya bahwa anak SMA juga bisa menulis?

Saya paham bahwa beberapa orang mungkin tidak menyukai gagasan-gagasan tentang kebhinnekaan yang saya bawa, tapi itu bukanlah sebuah pembenaran untuk melontarkan fitnah dan kebohongan macam-macam. Siapapun bisa mengedit sebuah gambar seolah itu adalah tangkapan layar atau screenshot, kemudian menuding bahwa tulisan-tulisan saya sendiri adalah hasil plagiarisme.

Seakan-akan itu semua belum cukup, akun saya juga banyak dipalsukan dan orang-orang menyerang saya karena postingan tidak bertanggung jawab dari si pemalsu itu.
Orang ramai-ramai menulis tentang saya, padahal kenal saja tidak.
Meme, gambar, dan video-video berisi fitnah serta hinaan bertebaran, tak hentinya datang.
Saya kehilangan banyak hal; dari teman sampai guru.
Bahkan, nama saya pun diartikan macam-macam, dikemas dalam sebuah tulisan panjang, entah tujuannya untuk apa. Dan anehnya, banyak saja yang percaya.

Dengarkan saya sekali saja.
Tidak semua berita (yang dari media maupun yang bukan dari media) tentang saya adalah benar.
Tidak semua pernyataan/kutipan yang disebarkan orang, seolah itu semua dari diri saya (terutama yang menyangkut SARA), adalah benar.
Saya memang tidak bisa mengendalikan apa yang ada di luar sana.
Tapi, saya mohon dengan sangat bahwa sebagai manusia yang punya hati nurani, sebelum menyodorkan tuduhan dan prasangka macam-macam, setidaknya lakukanlah tabayyun (istilah agama Islam untuk memeriksa dengan teliti), klarifikasi, dan cari bukti.

Anda tahu, tiap detik saya harus menerima pesan bernada sinis, bully, merendahkan, bahkan ancaman ke akun FB, Instagram, atau WA saya (sampai saya harus ganti nomor baru).
Sampai hari ini, jumlahnya puluhan ribu.
Belum lagi yang ada di kolom komentar.

Pahamilah bahwa sama seperti Anda, saya adalah manusia biasa yang bisa sedih, tertekan, dan terluka ketika diperlakukan sedemikian rupa, siang malam tanpa jeda.

Sebegitu besarkah kesalahan saya?

My heart breaks, a lot.

Anda mungkin tidak akan memahami ini sebelum mengalami sendiri.

Jika tidak bisa selamanya, tolong hentikan itu semua selama Ramadan saja. Keinginan saya sederhana; ingin ibadah dengan bernafaskan ketenangan.

Saya mungkin masih bisa survive, tapi saya mohon jangan pernah lakukan hal yang sama kepada anak-anak lain hanya karena Anda melihat saya masih hidup sampai hari ini.
- Afi-






9 komentar:

  1. Wah org ini gk nyadar Klau kesalahannya besar,,pernyataan afi itu berselisih dgn quran dan menyangkut keimanan lagi,,naudzubillah min dzalik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya yakin Afi sdh dimanfaatkan golongan tertentu yang liberal.Dia sebenarnya tdk mengeeti apa apa.Kasihan anak kecil sdh menjadi korban pemikirqn yang merusak yang memang punya agenda terselubung untuk muslim Indonesia, biar negara ini sekuler dan tetap sekuler alias menjadi penganut islam yang rusak.

      Hapus
  2. what!!! dia punya pikiran nabi jg pernah berbuat salah? nabi yang mana ini, jangan katakan itu baginda rasullulah . big mistake ,punk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agama dapet nilai berapa gan?
      Beliau pun juga pernah melakukan kesalahan. Rasullulah SAW ketika mengharamkan sesuatu yang dihalalkan oleh Allah SWT. Allah swt befirman :
      يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ لِمَ تُحَرِّمُ مَا أَحَلَّ اللَّهُ لَكَ ۖ تَبْتَغِي مَرْضَاتَ أَزْوَاجِكَ ۚ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ
      "Hai Nabi (Muhammad), mengapa kamu mengharamkan apa yang Allah halalkan bagimu kamu mencari kesenangan hati isteri-isterimu? Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang" (QS At-Tahrim ayat 1)
      Rasullulah juga manusia bro~

      Hapus
  3. Nabi pernah salah kok, coba baca di Q.S Abasa, itu adalah ketika Nabi lebih mendahulukan seorang yg lebih punya kedudukan (di masyarakat Quraisy, maksudnya adalah jika org tsb masuk Islam maka akan besar kontribusi yg dapat ia berikan) drpd seorang buta yang datang padanya meminta pengajaran ttg AlQuran. Lantas, seketika itu juga Allah tegur Nabi dengan surat 'Abasa.

    Mohon maaf jika ada salah kata..
    Aslm

    BalasHapus
  4. Ini permintaan maaf atau membela diri atau malah justru nyerang balik...??? LUAR BIASA SEKALI ANAK INI...!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang menggerakkan cara bwrfikir anak ini,dia disetir kelompok tertentu yg jelas Liberal.Lihat Ansor banser memuja-mujanya.

      Hapus
  5. Memang benar Nabi juga pernah salah, tp kenapa mesti bawa Nabi segala, jd terkesan minta maafnya gk ikhlas dan seperti membela diri..

    BalasHapus
  6. TEMPAT BELANJA ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA HANYA DI VELISHA SHOP ELEKTRONIK. BURUAN BELANJA DAN DAPATKAN PROMO THR BESAR BESARAN VELISHA SHOP ELEKTRONIK DI BULAN SUCI RAMADHAN 2017. JIKA BERMINAT HUB/SMS: 0856 5604 0504 ATAU KUNJUNGI WEBSITE RESMI KAMI DI
    www.velishashop-elektronik.blogspot.com
    Ready Stock! Apple iPhone 6 Plus 64GB Rp.3.000.000
    Ready Stock! Apple iPhone 5S 32GB Rp.1.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy J7 (2016) SM-J710 Rp.1.200.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy A5 A510F (2016) Rp.1.200.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy E5 E500H Rp.500.000
    Ready Stock! Oppo F1 Plus 64GB Rose Gold Rp.1.700.000
    Ready Stock! Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 4GB Rp.900.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note 5 32GB Gold Rp.2.700.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy S6 32GB Rp.2.400.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy S7 Edge SM-G935-32GB Rp.3.500.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note 4 SM-N910H Rp.1.700.000
    Ready Stock! Apple iphone 6S Plus 128GB Rp.2.900.000
    Ready Stock ! Apple iphone SE 64GB Rp.1.700.000
    Ready Stock ! Apple iphone 6S 128GB Rp.2.400.000
    Ready Stock ! Lenovo Vibe K4 Note Rp.500.000
    Ready Stock ! LG Optimus G2 16GB Rp.1.200.000

    BalasHapus