Recent Posts

Siapa Sebenarnya Afi? Ini Pengakuan Mengejutkan Guru-Guru Sekolahnya

6.08.2017
Afi Nihaya Faradisa
Afi Nihaya Faradisa alias Asa Firda Inayah (KompasTV)




Nama Afi Nihaya Faradisa masih menjadi perbincangan hangat di media sosial. Bermula dari tulisan-tulisan viralnya, gadis yang memiliki nama asli Asa Firda Inayah itu semakin kontroversial setelah beredar kabar bahwa sejumlah tulisannya hasil plagiat.

Siapa sosok Afi sebenarnya? Penuturan sejumlah guru sekolahnya ini sungguh mengejutkan.

“Afi cukup akrab dengan saya. Dia biasa curhat dari kelas X. Yang saya tahu dari dulu kebiasaan dia nulis status berhubungan dengan persoalan pribadi, baik dirinya, temannya, gurunya atau keluarganya,” kata Guru Sosiologi Afi yang diwawancarai oleh Voa-Islam.

Menurutnya, perkembangan Afi yang tiba-tiba menulis soal politik membuat para guru khususnya yang dekat dengan Afi kaget. Ia juga merasa gaya tulisan-tulisan yang viral itu bukanlah tulisan Afi yang ia kenal selama ini.

Ada dugaan bahwa Afi sedang dimanfaatkan oleh kelompok tertentu. Hal itu terlihat sekali dari perkembangan yang tidak wajar. Kemampuan menulis Afi yang awalnya terbilang biasa-biasa saja, tiba-tiba saja menjadi berubah drastis seperti itu. Dari yang semula menulis seputar diri, teman, dan sekolah tiba-tiba keluar tulisan-tulisan atas nama Afi soal isu kebangsaan.






Semula, guru yang tidak mau disebutkan namanya ini sempat berpikir terjadi peningkatan kemampuan menulis pada Afi. Namun, tulisan-tulisan viral itu ternyata kontroversial.

Guru bahasa Indonesia Afi juga memberikan penilaian serupa. Menurutnya, kemampuan bahasa Indonesia Afi biasa saja, tidak ada yang istimewa. Di tingkat SMA saja, kemampuan siswi Banyuwangi ini tidak terlihat menonjol.

Anehnya, fans Afi mengatakan bahwa sebagian tulisan Afi itu telah mereka baca sejak 2012. Benarkah? Padahal saat itu Afi masih duduk di kelas 6 SD. Bagaimana mungkin seorang yang ketika SMA kemampuan bahasa Indonesianya biasa-biasa saja, waktu SD sudah menulis tema-tema berat seperti itu?

“Anaknya pandai bersilat lidah, jadi kita harus benar-benar jeli untuk melihat kebenaran dari diri Afi. Banyak hal yang orang tidak tahu dari diri anak ini,” ungkapnya. [Ibnu K/Tarbiyah.net]






9 komentar:

  1. fans Afi mengatakan bahwa sebagian tulisan Afi itu telah mereka baca sejak 2012????
    padahal masih SD. ANEH BETUL

    BalasHapus
  2. Harusnya dek Afi masuk dalam nomine anak ajaib dong yaa.. Secara masih usia kls 6 SD saja tema tulisanya sudah mengenai politik seperti itu..

    BalasHapus
  3. Bilang aja maksud kamu pemerintah, ya kan? Trus masalahnya dimana? Pemerintah maunya kan jelas agar kita membuka mata bahwa anak muda saja peduli dengan bangsa & persatuan. Mending plagiat daripada ustad mesum, malu2in agamaku saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya allah semoga org ni kena azab sudah memfitnah org tanpa bukti kebenarannya,anda musuh dlm selimut, orang2 munafik, jgn ngaku2 islam, malu sm keluarga n diri anda sndiri sdh menzolimin org lain, smg allah melindungi umat islam yg d zolimin dr org2 munafik sprti anda dan org munafik smg dpt balasan n azab yg setimpal d dunia maupun d akhirat. Amin..

      Hapus
  4. Orang lagi bahas plagiat larinya koq ke ulama.... sebegitu bencinyakah pada ulama... bulan ramadhan bulan ampunan... mari kita mohon ampunan klo kita benar benar muslim karena manusia tempat segala kesalahan... maaf klo ada kesalahan saya

    BalasHapus
  5. Mantap ulasan nya..btw yg ngomong afi itu suka bersilat lidah guru nya sendiri, fans nya afi atau karangan redaksi?

    BalasHapus
  6. Jika membuat tulisan yang ada kalimat seseorang harusnya ada kejelasan siapa nama yg mengungkapkannya.. Supaya tidak mjd fitnah.. Kalau begini seperti tulisan redaksi sendiri.

    BalasHapus
  7. Memang Aku lebih Setuju AGAMA BUKAN WARISAN
    Kenapa???
    Nyata Seorang anak belum tentu memeluk Agama yg sama seperti orangtuanya
    Hal ini Sudah Ada Contohnya pada jaman kenabian,

    BalasHapus