Recent Posts

Tak Bisa Bayar Utang, Negara Ini Serahkan Pelabuhan ke Cina

7.31.2017
Ekonomi Cina (pbs.org)
ilustrasi ekonomi Cina (pbs.org)




Hati-hati bila berhutang ke Cina. Jika tak bisa membayar, aset negara jadi taruhannya. Seperti yang terjadi baru-baru ini. Sebuah pelabuhan harus direlakan untuk diambil alih Cina.

Karena tak memiliki kemampuan finansial untuk membayar utang ke Cina, Pemerintah Sri Lanka menandatangani kesepakatan senilai triliunan dolar AS untuk membiarkan BUMN Cina mengambil alih pelabuhan di negara tersebut. Pengambilalihan itu ditandatangani pada Sabtu (29/7/2017) kemarin.

Pembicaraan mengenai penjualan aset Sri Lanka itu telah berlangsung lama, sejak Sri Lanka diketahui tak memiliki kemampuan finansial untuk membayar utangnya ke Cina.

Penjualan 70 persen saham senilai 1,1 triliun dolar AS di Pelabuhan Hambantota mendapat penolakan dari serikat pekerja industri. Mereka bahkan akan melakukan aksi mogok kerja mulai pekan ini untuk menentang penjualan tersebut.

Namun pemerintah Sri Lanka berdalih, pihaknya tidak memiliki alternatif lain.

"Kami telah menghadapi tekanan geopolitik," kata Menteri Perhubungan Sri Lanka Mahinda Samarasinghe pada acara penandatanganan kesepakatan di Kolombo seperti dilansir Arabnews, Ahad (30/7/2017). [Ibnu K/Tarbiyah.net]






Tidak ada komentar:

Posting Komentar