Recent Posts

Bendera Indonesia Terbalik di SEA Games, Ini Tanggapan Panglima TNI

8.21.2017
Bendera Indonesia terbalik di buku panduan SEA Games (AP)
Bendera Indonesia terbalik di buku panduan SEA Games (AP)




Bendera Indonesia tercetak terbalik dalam buku panduan pelaksanaan SEA Games 2017. Bendera Indonesia yang seharusnya merah putih, tercetak putih merah.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyesalkan insiden tersebut. Begitu tahu bendera Indonesia terbalik, ia langsung melakukan pengecekan ke Dubes Indonesia di Malaysia serta mengajukan nota protes kepada pemerintah Malaysia.

“Saya sudah cek kepada Dubes Indonesia di Malaysia, dan sudah mengajukan nota protes kepada pemerintah Malaysia,” kata Gatot seperti dikutip Republika.

Kendati demikian, Jenderal Gatot mengingatkan agar rakyat indonesia berpikir positif atas insiden itu. Apalagi, sudah ada permintaan maaf dari panitia penyelenggara SEA Games 2017, yang artinya insiden itu bukan bentuk kesengajaan.






Pada halaman ke-80 buku panduan pelaksanaan SEA Games 2017, bendera merah putih Indonesia tercetak terbalik menjadi putih merah. Sedangkan bendera 10 negara peserta SEA Games lainnya tercetak dengan benar.

Terbaliknya bendera Indonesia itu segera menuai protes dari pemerintah Indonesia. Masyarakat dan netizen pun turut menyuarakan protes. Setelah protes tersebut, pemerintah Malaysia pun minta maaf dan menarik seluruh buku tersebut.

Dalam pertemuan bersama antara Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia Imam Nahrawi dan Menteri Olahraga Malaysia Khairy Jamaluddin di Shangri-La Hotel Kuala Lumpur, Malaysia, Ahad (20/8/2017), Khairy menyampaikan permohonan maafnya secara langsung. Bahkan Malaysia berjanji akan mencetak ulang cindera mata yang dibagikan kepada tamu undangan yang hadir tersebut. [Ibnu K/Tarbiyah.net]







Tidak ada komentar:

Posting Komentar