Recent Posts

Ini Waktu Berdoa yang Paling Didengar dan Dikabulkan Allah, Ternyata Mudah

10.23.2017
berdoa




Jika Anda menganggap waktu berdoa yang mustajabah itu sulit karena harus di sepertiga malam terakhir, Anda kurang tepat. Ternyata, ada waktu yang mudah untuk berdoa dan di waktu itu doa paling didengar Allah dan dikabulkan-Nya.

Waktu berdoa itu adalah setelah sholat. Sebagaimana riwayat Abu Umamah Al Bahili radhiyallahu ‘anhu bahwa seseorang bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

يَا رَسُولَ اللَّهِ أَىُّ الدُّعَاءِ أَسْمَعُ قَالَ جَوْفُ اللَّيْلِ الآخِرُ وَدُبُرَ الصَّلَوَاتِ الْمَكْتُوبَاتِ

“Ya Rasulullah, doa manakah yang didengar Allah?” Beliau menjawab, “(Doa pada) akhir malam dan setelah sholat maktubah (sholat wajib)” (HR. Tirmidzi; hasan)

Hadits ini dicantumkan Imam Nawawi rahimahullah dalam kitab Al Adzkar pada bab Dzikir-Dzikir Setelah Sholat.

Jadi, selain sepertiga malam terakhir, doa yang paling didengar dan dikabulkan Allah adalah setelah sholat lima waktu. Waktu berdoa ini jauh lebih mudah karena setiap muslim pasti menjalankan sholat lima waktu namun tidak semuanya sanggup rutin bangun di sepertiga malam terakhir.






Tentu, kalau bisa bangun dan sholat tahajud di sepertiga malam terakhir akan menjadi lebih bagus dan ideal. Sebab doa di sepertiga malam terakhir juga dijamin dikabulkan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjelaskan dalam sabda beliau:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

“Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: “Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari)

Untuk pembahasan yang lebih lengkap, mulai keutamaan hingga contoh doa, bisa dibaca: doa setelah sholat

Marilah kita banyak berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan penuh keyakinan dan pengrahapan bahwa doa kita pasti dikabulkan. Khususnya doa setelah sholat dan di sepertiga malam terakhir. [Ibnu K/Tarbiyah.net]






Tidak ada komentar:

Posting Komentar