Recent Posts

Salah Kirim Pesan WA? Begini Fitur Terbaru WhatsApp untuk Hapus Pesan Salah Kirim

10.25.2017
cara hapus pesan whatsapp salah kirim
ilustrasi (express.co.uk)




“Maaf, salah kamar,” tulis salah seorang anggota grup WhatsApp (WA). Semula ia hendak mengirimkan pesan WA kepada suaminya, yang terjadi justru terkirim ke grup.

“Di WhatsApp, akun atau grup yang baru saja menerima pesan akan ditampilkan paling atas. Saat kita hendak mengirim pesan, kadang salah sentuh ke akun paling atas itu sehingga akhirnya salah kirim,” anggota grup yang lain menjelaskan mengapa terjadi salah kirim WA. Ia tak setuju jika yang salah kirim dibully.

Belum masuk hitungan menit, masuk pesan baru ke grup itu. Lagi-lagi salah kirim.

“Baru saja dibicarakan, ada yang salah kamar lagi,” celetuk anggota grup lainnya.

***

Anda juga pernah mengalami salah kirim WA seperti itu? Yang parah, kalau data rahasia terkirim ke grup. Yang pernah terjadi misalnya laporan keuangan yang semestinya dikirim ke grup perusahaan ternyata salah kirim ke grup pertemanan. Inginnya merayu istri ternyata salah kirim ke grup pengajian.






Parahnya lagi, pesan yang terlanjur terkirim tersebut, meskipun sudah kita hapus, ia tetap bisa dilihat, dibaca dan didownload anggota grup yang kita kirimi pesan. Berbeda dengan posting di media sosial, misalnya Facebook da Instagram, setelah kita hapus posting kita, orang lain sudah tidak bisa mengaksesnya.

Dalam rangka mengatasi masalah itu, WhatsApp disebut-sebut akan segera meluncurkan fitur baru. Fitur ini disebut dengan Recall. Fitur ini memungkinkan pengguna WA untuk menghapus pesan yang salah kirim asalkan tidak lebih dari lima menit setelah dikirim.

Fitur itu dibocorkan oleh akun Twitter @WABetaInfo, Ahad (22/10/2017) lalu. Akun tersebut kerap memberikan bocoran tentang fitur-fitur terbaru yang akan dikeluarkan WhatsApp.

Untuk versi beta, fitur yang bisa melakukan “unsend” alias pembatalan kiriman itu akan dibenamkan di aplikasi WhatsApp di iOS versi beta 2.17.70.

Selain fitur yang bisa menghapus pesan salah kirim itu, WhatsApp juga akan meluncurkan fitur Call dan Video untuk Grup. Makin menarik. [Ibnu K/Tarbiyah.net]






1 komentar:

  1. Assalamu'alaikum redaksi Tarbiyah.net.
    Dengan komen ini, saya ingin mengusulkan tema artikel untuk Tarbiyah.net terkait aplikasi social media yang menjadi sarana prostitusi online.

    Salah satu sosmed untuk chatting adalah WeChat yang berasal dari China. aplikasi ini punya fitur untuk mengetahui orang-orang disekitar yang menggunakan aplikasi yang sama dan juga mengaktifkan fitur "orang di sekitar".
    Melalui fitur tersebut, banyak penjaja prostitusi secara langsung mengiklankan dirinya dengan foto-foto syur yang menggoda dan mudah sekali dihubungi oleh lelaki hidung belang.

    Cobalah lakukan riset disetiap kota-kota besar, selalu banyak wanita panggilan (red: pelac*r) yang mengundang langsung lelaki hidung belang dengan status semisal "open st (short time) bagi yang serius saja" atau "silahkan booking melayani panggilan ke hotel" dan lain sebagainya. ini sangat mengkhawatirkan berhubung aplikasi tersebut bisa didownload siapa saja dan prositusi jadi kian mudah.

    Mohon ada media besar yang mengangkat topic ini sehingga menjadi viral dan ada yang laporkan agar aplikasi weChat diblokir di Indonesia.

    demikian.. sukses untuk tarbiyah

    BalasHapus