Recent Posts

Ini Doa Ulama Memasuki Bulan Rajab

3.17.2018
doa memasuki bulan rajab
ilustrasi (hdnux.com)




Nanti malam, insya Allah kita memasuki bulan Rajab. Dan insya Allah 59 hari lagi akan berjumpa dengan bulan Ramadhan.

Ada sebuah doa yang oleh sebagian ulama banyak dibaca sejak memasuki bulan Rajab. Doa tersebut diriwayatkan oleh Imam Baihaqi dan Thabrani.

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبَ وَ شَعْبَانَ وَ بَلِغْنَا رَمَضَانَ

Alloohumma baarik lanaa fii rojaba wa sya’baan wa ballighnaa romadhoon

“Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban, serta pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan” (HR. Baihaqi dan Thabrani)

Derajat hadits tersebut dhaif menurut Syaikh Al Albani. Namun, ada pula doa sejenis dengan matan berbeda yang dicantumkan Imam Ahmad dalam Musnad-nya.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِى رَمَضَانَ

Alloohumma baarik lanaa fii rojaba wa sya’baan wa baarik lanaa fii romadhoon

“Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban, serta berkahilah kami dalam bulan Ramadhan” (HR. Ahmad)

Karena derajatnya dhaif, kita tidak menyakini ini sebagai doa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.





Lantas, bolehkah berdoa dengan doa tersebut? Tentu saja boleh. Boleh berdoa dengan doa apapun bahkan dalam bahasa apa pun, asalkan doa itu baik dan tidak bertentangan dengan syariat Islam.

Adapun isi doa tersebut, jika kita simak, hanya memohon kebaikan. Sama sekali tidak bertentangan dengan syariat Islam. Yakni memohon keberkahan di bulan Rajab dan keberkahan di bulan Sya’ban. Lalu memohon dipertemukan dengan bulan Ramadhan.

Keutamaan bulan Rajab dan pembahasan mengenai amalan di bulan ini bisa dibaca di Bulan Rajab

Siapakah yang bisa menjamin umur kita panjang sampai bisa bertemu dengan bulan Ramadhan? Siapakan yang sanggup memastikan bahwa usia kita masih lama sehingga bisa berjumpa dengan bulan suci yang penuh berkah itu?

Karenanya kita memohon kepada Allah agar usia kita disampaikan bertemu Ramadhan. Kita memohon kepada Allah agar umur kita dipanjangkan sehingga bisa berjumpa dengan bulan Ramadhan.

Sebab bulan Ramadhan penuh dengan keutamaan. Amal sunnah di bulan Ramadhan pahalanya setara dengan amal wajib. Amal wajib pahalanya dilipatgandakan. Di dalamnya ada banyak waktu mustajab untuk berdoa, terutama saat berbuka. Dan di dalamnya ada lailatul qadar yang lebih baik dari seribu bulan.

Oleh karena itu para ulama berdoa meminta dipertemukan dengan bulan Ramadhan. [Muchlisin BK/Tarbiyah.net]






Tidak ada komentar:

Posting Komentar