Recent Posts

Bukan Nabi Isa, Inilah Imam Sholat Menjelang Hari Kiamat Nanti

6.18.2018
sholat jamaah

Kelak Nabi Isa ‘alaihis salam akan turun untuk membunuh Dajjal. Namun bukan Nabi Isa yang menjadi imam sholat berjamaah. Beliau menjadi makmum.

Imam sholat ini juga menunjukkan kemuliaan umat Muhammad. Masya Allah… siapakah dia?






Jabir bin Abdullah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sekelompok umatku akan terus berperang memperjuangkan kebenaran hingga hari kiamat. Lalu Isa bin Maryam turun. Panglima mereka pun berkata kepada Isa, ‘Kemarilah, dan shalatlah sebagai imam kami.’ Isa menjawab, ‘Tidak. Sebagian dari kalian adalah pemimpin bagi sebagian yang lain.’ Ini adalah kemuliaan dari Allah untuk umat ini.” (HR. Muslim dan Ahmad)

Syaikh Dr Muhammad Al Areifi dalam bukunya Nihayatul A’lam menjelaskan hadits ini: “Maksudnya, Imam Mahdi nanti akan menjadi imam dalam shalat dan Nabi Isa akan menjadi makmum bersama kaum muslimin lainnya.”

Syaikh Al Areifi menambahkan, hal ini tidak serta merta menunjukkan bahwa Imam Mahdi lebih utama daripada Nabi Isa. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam sendiri pernah shalat sebagai makmum di belakang Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu ketika beliau sedang sakit. Beliau juga pernah makmum kepada Abdurrahman bin Auf radhiyallahu ‘anhu.

Nabi Isa ‘alaihis salam shalat sebagai makmum di belakang salah seorang umat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam untuk menunjukkan bahwa ia turun ke bumi ini sebagai pengikut Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, yang akan menegakkan ajaran-ajaran beliau. Setelah itu, Imam Mahdi akan mengikuti Isa bin Maryam dan menjadi salah satu prajuritnya. [Ibnu K/Tarbiyah]






Tidak ada komentar:

Posting Komentar