Recent Posts

Mengapa Banyak Jagoan PDIP Keok di Pilgub? Ini Analisa dari UIN Jakarta dan Paramadina

6.28.2018
Jago-jago PDIP bertumbangan di Pilkada serentak 2018

Perhitungan resmi dari KPU belum selesai. Namun berdasarkan hasil quick count, banyak jagoan PDIP keok di Pilkada Serentak 2018. Dari 17 Pilgub, PDIP dikabarkan hanya menang di empat provinsi.

Pengamat politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio menganalis penyebab keoknya banyak jagoan PDIP. Menurutnya, kekalahan PDIP karena calon-calonnya tidak dekat dengan warga.

Ia mencontohkan kekalahan pasangan TB Hasanuddin-Anton Charliyan di Pilgub Jawa Barat. Padahal, PDIP merupakan parpol dengan elektoral kursi terbesar di Jawa Barat yang bisa mengusung pasangan calon tanpa koalisi.

Baca juga: Djarot: Saya Kalau Stres Bawaannya Mau Merokok Terus






"Kekalahan ini di Jabar karena duet PDIP tak kuat dan tak dekat dengan warga pemilih. Berbeda hasilnya kalau dekat dengan warga seperti di Pilgub Bali, Jateng, PDIP menang," kata Hendri, Rabu (27/6/2018), seperti dikutip Viva.

Di Pilgub Sumatera Utara juga demikian. Menurut Hendri, kekalahan Djarot Syaiful Hidayat-Sihar Sitorus karena Djarot kurang dikenal warga Sumut.

Baca juga: Djarot Kalah, Wanita Ini Sebut Warga Sumut Tolol, Tifatul Sembiring Bikin Ia Minta Maaf

Analisa hampir senada disampaikan oleh pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta Syarif Hidayatullah Adi Prayitno.

Kekalahan Karolin Margret-Suryadman Gidot di Pilgub Kalbar, menurutnya, menunjukkan masyarakat sudah cerdas sehingga tidak lagi memilih berdasarkan trah politik dinasti.

Sedangkan di Jatim, kekalahan Gus Ipul-Puti disebabkan kelemahan figur Puti yang belum mengakar di Jatim.

Baca juga: Mengejutkan! Jago-Jago PDIP Bertumbangan di Pilkada Serentak 2018

Sebelumnya, Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) merilis rangkuman hasil quick count Pilgub 2018 di 17 provinsi. Dari 17 Pilgub itu, PDIP hanya menang di empat provinsi yaitu Jawa Tengah, Bali, Sulawesi Selatan dan Maluku.

Secara prosentase, PDIP hanya menang 23,5 persen. Tidak sampai seperempat.

Berikut ini rekap hasil Pilgub 2018 tersebut:






PDIP kalah

PDIP kalah Pilgub







Tidak ada komentar:

Posting Komentar