Recent Posts

Terungkap! Ini Kejanggalan Fatal Berita Metrotvnews Soal Sandi, PKS dan PAN

8.13.2018
Metrotvnews






Metrotvnews.com merilis sebuah berita berjudul Sandi Sebut Mahar Rp 1 Triliun ke PKS dan PAN untuk Kampanye. Namun ada kejanggalan fatal yang kemudian terungkap dari berita tersebut.

Zico Alviandri menilai berita yang dirilis pada Ahad (12/8/2018) pukul 05:00 WIB tersebut tak ubahnya tulisan di blog abal-abal.

“Saya kira tulisan berita tanpa kutipan keterangan narasumber hanya ada di blog abal-abal yang belagak seperti media online. Rupanya Metrotvnews juga bisa begitu,” bebernya melalui tulisan berjudul Menikmati Metrotvnews Rasa Seword.

“Sebuah artikel berjudul "Sandi Sebut Mahar Rp 1 Triliyun ke PKS-PAN untuk Kampanye" tayang di laman tersebut pada 12 Agustus 2018 pukul 05.00 WIB. Ajaibnya, media online yang berpengalaman bertahun-tahun dalam jaringan Media Indonesia itu tak menuliskan pernyataan asli dari Sandiaga Uno dalam artikel yang terdiri dari 5 paragraf itu,” lanjutnya.

Baca juga: Bukan Jumlahnya, Tapi Ini yang Bikin Netizen Kagum Kekayaan Sandiaga Uno





Ia menggaris bawahi perlunya kutipan narasumber karena hal itu menandakan keotentikan sebuah kabar, selain pakem 5W +1H.

“Dengan membaca pernyataan yang sebenarnya, pengakses berita bisa mencermati sendiri apakah yang dimaksud oleh narasumber memang sesuai dengan yang ditulis wartawan,” imbuhnya.

Baca juga: Prabowo-Sandi Menang di Polling Buatannya, Begini Reaksi Iwan Fals

Lebih jauh Zico memaklumi jika Metrotvnews berbuat demikian karena saat ini situs berita tersebut perlu bekerja lebih keras.

Baca juga: Pendiri Seword Ingin Istirahat dari Relawan Jokowi, Ini Tanggapan Cadas Wasekjen MUI

“Mengapa Metrotvnews bisa begitu? Saya coba maklumi. Di tengah "ke-ngambek-an" pemilik seword, MetroTV dan kawan-kawannya tentu harus bekerja lebih keras lagi,” simpulnya. [Ibnu K/Tarbiyah]









1 komentar: